Demo 100 hari

Demo menyambut 100 hari pemerintahan SBY-Boediono akan digelar serentak hari ini. Demo yang akan dilakukan oleh kalangan mahasiswa diseluruh wilayah indonesia yang akan menuntut Presiden dan wakilnya untuk mengundurkan diri karena dinilai gagal membawa perubahan.

Dulu waktu masih menjadi mahasiswa, aku termasuk aktif dibidang organisasi kampus dan masa itu lagi hangat-hangatnya demo tentang reformasi dan banyak sekali ajakan untuk ikut berdemo. Beragam cara promotor aksi dalam usaha mengajak para mahasiswa untuk ikut berdemo, seperti menggelar film tentang kejahatan politik. Selain itu kebanyakan mahasiswa yang menjadi promotor aksi adalah aktifis organisasi diluar kampus, bisa dikatakan aksi demo mulai dari dulu hingga sekarang bukan murni dari keinginan mahasiswa itu sendiri. Motor penggerak demo itu sebenarnya adalah organisasi diluar kampus, yang notabene kadernya adalah mahasiswa.


Sebenarnya tujuan menjadi mahasiswa itu apa? Tentu akan banyak sekali jawaban yang berbeda, tapi yang jelas tujuan pokok kita kuliah adalah memperdalam pengetahuan terhadap suatu ilmu tertentu. Sedangkan aktifitas diluar itu adalah sekedar tambahan untuk memperluas pergaulan dan bersosialisasi dengan masyarakat. Kita boleh aktif disuatu organisasi tertentu, entah itu didalam kampus atau diluar kampus. Asal kita bisa membagi waktu dan mengerti manfaat serta tujuan dari organisasi yang kita ikuti. Dari kenyataan yang ada, mahasiswa yang aktifis suatu organisasi diluar kampus kebanyakan tidak pernah kuliah sama sekali karena "kesibukannya" bahkan sampai terbengkalai hingga drop out. Inilah salah satu sisi negatifnya, mahasiswa hanya menjadi "status" untuk menjadi seorang aktifis.

So silakan berdemo bila memang mengerti tujuannya dan tidak sekedar ikut-ikutan. Dan silakan menjadi aktifis kampus asal bisa membagi waktu antara kuliah dan organisasi bukan hanya menjadi suatu alasan bagus agar bisa bolos kuliah

Comments

  1. bener sekali, mudah2han demo yang terjadi bukan hanya berdasarkan kepentingan pihat tertentu saja :)

    ReplyDelete
  2. tul jgn alasan demo jadi kuliah terlantar

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts