Jos Coffee (Kopi Arang)

Dulu waktu lagi tugas ke yogya, aku diajak teman "cangkruk" di warung lesehan dekat stasiun tugu, kata temanku disitu ada jual kopi yang khas namanya kopi Jos. Sebagai penggemar kopi tentunya aku penasaran ingin mencoba, ternyata kopinya kopi tubruk biasa tapi yang luarbiasa adalah pakai arangnya. Arang yang masih membara di cemplungkan kedalam kopi hingga berbunyi "Josss" (makanya disebut kopi jos), sehingga kopinya jadi semakin hitam hehehe.


Pertama kali mencoba memang agak ragu, takut ada serpihan arang yang terminum, tapi setelah tegukan pertama...hmmmm enyak sekali. Ada rasa tersendiri yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Dan memang jadi berbeda banget dengan rasa kopi tubruk biasa, kopi tubruk biasanya masih banyak serbuk tapi gara-gara pakai arang ini semua serbuk jadi lebur menjadi satu, sehingga kopi menjadi lebih nikmat.


Yang menjadi pertanyaan, apakah ada khasiat tersendiri dari arang tersebut. Menurut sumber yang saya baca khasiat arang itu sebagai berikut sumber :

Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun.Karbon teraktivasi ini berguna untuk mengurangi ampas kopi, memperbaiki aroma, dan mengikat racun (belum ada penelitian resmi). Selain itu ada khasiat lain yaitu :

1. Mengobati masuk angin
2. Mengobati sakit perut
3. Mengobati keracunan
4. Bikin tambah melek
5. Tambah stamina

Demikianlah sekilas tentang kopi arang, buat penggemar kopi jangan sampai melewatkan sensasi rasanya hehehehe.

Comments

  1. gmana rasanya ya,,,kayanya asik tuh,buat melekin mata kalau ngeblog malem-malem

    ReplyDelete
  2. Sebenernya saya nggak begitu suka kopi Mas, tapi karena anda suka kopi nanti saya belajar suka wes...hehehheehhe..
    Oiya jadi penasaran juga sama kopi jossnya ini, tenaganya bisa langsung joss ya... :-0

    ReplyDelete
  3. Wuih, kopinya... Bisa menghapus dosa ya... ^_*
    Eh, salam kenal... *_^

    ReplyDelete
  4. @Berita untuk negeri...cobain bro tapi harus yg diyogya loo hahahaah
    @Achen...tambah sip ae ente chen wkwkwwkkw
    @Buwel...tergantung yg minum bro hahahaha, salam kenal juga hehehehe
    @Mamah aline...wangi sih nggak mbak, baunya tetep spt kopi tubruk :)

    ReplyDelete
  5. aku suka pas arang di masuk kan ..
    nyeeesssss ..........

    keren ..

    ReplyDelete
  6. hihiihiihih... ya nggak siap juga, cuman jossnya emang joss kok bro... :-)

    ReplyDelete
  7. pkookx bois lah kopix......jd pngn xoba bwt djmber my cty.....

    ReplyDelete
  8. aku jg suka kopi... walupun dh 10 thn dijogja tp sy blm pernah nyoba kopi jos...he...kasihan dech gue...

    ReplyDelete
  9. kudu nyoba nih kyknya.. ^^
    thx infonya

    ReplyDelete
  10. siempre la korunya bantu awak bkin makalah tentang kopi jos dund om .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts