RPM konten Multimedia dan pengaruhnya terhadap Blogger

Sejak banyak terjadinya kasus yang berkaitan dengan internet, seperti kasus Prita dan yang terbaru adalah kasus pemecatan empat orang siswa SMA yang ketahuan menghina gurunya lewat status di Facebook. Membuat Pemerintah menegaskan suatu rancangan peraturan menteri (RPM) tentang konten multimedia. Konten multimedia yang dimaksud adalah isi dari internet. Hal ini disampaikan Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Gatot Dewabroto kepada Media Indonesia di Jakarta, Minggu (14/2).

RPM tersebut, sambung Gatot, akan mengatur penerimaan pengaduan masyarakat atas konten situs yang dianggap melawan norma yang berlaku umum di masyarakat. Hal ini berlaku untuk semua isi situs. Pemerintah akan membentuk tim monitoring yang akan setengahnya merupakan masyarakat umum. Tim ini tidak akan bergerak, jika tidak ada pengaduan masuk dari masyarakat. Pemerintah, hanya bersifat mengimbau ke penyelenggara. Sedangkan penghapusan konten bisa dilakukan jika ada keputusan pengadilan. Ia menegaskan jika pihaknya tidak akan menangani pengaduan yang tak jelas asal-usulnya, meski dia mengatasnamakan masyarakat. Pemerintah saat ini masih membuka kritikan atas penyusunan RPM hingga 19 Februari 2010. Itupun, ujar dia, masih bisa dimundurkan jika masih ada keberatan dari masyarakat.sumber

Melihat RPM yang akan diterapkan tersebut (bila nanti jadi ditetapkan) pengaruh positifnya adalah membuat pengguna internet  lebih "sopan" dalam menyampaikan keluh kesah atau kekesalan terhadap seseorang artinya belajar untuk memahami dan mematuhi norma yang berlaku di negara kita ini. Namun dampak negatifnya (yang dikhawatirkan) adalah terhadap kita sebagai Blogger yang notabene adalah pemakai internet aktif. Secara tidak langsung kebebasan kita dalam membuat suatu tulisan atau memuat artikel menjadi lebih terbatas, padahal "Niat" kita adalah untuk berbagi informasi. Artinya secara tidak langsung posisi kita sebagai Blogger bisa terancam hukuman jika terbukti isi artikel yang kita buat dianggap melawan norma yang berlaku umum di masyarakat hanya gara-gara ada pengaduan dari pihak tertentu.

Nah mumpung undang-undang itu belum ditetapkan, marilah kita sebagai pengguna internet aktif (Blogger) bisa membuktikan kepada pemerintah dan masyarakat bahwa aktivitas dan karya kita adalah sesuatu yang bermanfaat dan berkualitas. Sehingga jangan sampai gara-gara beberapa kejadian buruk yang terjadi berdampak pada "pembatasan" terhadap isi artikel yang kita muat pada blog kita. Kita menghormati ketetapan atau peraturan yang dibuat pemerintah namun diharapkan pemerintah juga bisa lebih bijak dalam menerapkan peraturan tersebut karena jangan sampai menjadi suatu peraturan yang membatasi kebebasan berkarya di dunia maya. Dan bisa membedakan antara "berkarya" dengan "bergosip" hehehe. Semoga!!!

Comments

  1. wah, makin terkekang nih. padahal ini kan blog bukan fesbuk. harus dibedakan dong.

    ReplyDelete
  2. makanya kita harus bertutur sapa yg sopan, soalnya dalam minggu ini ada beberapa kasus masalah komentar di fb yg diadukan ke polisi..

    ReplyDelete
  3. share yang menarik mas, untuk saling mengingatkan satu sama lain..thanx ya

    ReplyDelete
  4. weh, weh, weh..!
    saya pikir ini juga merupakan salah satu dampak dari sering munculnya pengaruh negatif dari internet terhadap para penggunanya.

    Tapi apa pun itu, semoga semuanya bisa berjalan sesuai yg diharapkan dan bisa menjadikan internet sebuah media yg benar2 bisa memberikan informasi positif bagi para penggunanya.

    ReplyDelete
  5. napa makin jd kerasa terbelenggu gini iia?!?!? apa saiia ajja yg ngersa demikian?!?!?!

    ReplyDelete
  6. lama2,kok semakin serasa terkekang ya,,??
    mas,,tukeran link ya,,
    punya mas dah aku pasang di aq

    ReplyDelete
  7. Masih mengunggu kelanjutan wacana ini. Secara pribadi saya kira RPM bisa memasung kreativitas pengguna internet yang positif.

    ReplyDelete
  8. @All..tq komengnya :)
    @Palembang bicara..oke :)

    ReplyDelete
  9. Begitu ya mas, jadi ibu rumah tangga kadang sibuk dengan urusan saya dan dapur.
    Berkaitan dengan ini alangkah lebih baik jika para pengguna internet dan pemerintah dapat bersikap secara bijak

    ReplyDelete
  10. hehehehehe... amiin mas, moga diriku dan dirimu selalu bermanfaat ya postingannya... heheheh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts