Sikap Empati AXIS Untuk Memberikan Kepuasan Lebih Pada Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah ukuran keberhasilan dari suatu perusahaan jasa. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan jasa dalam usaha memenuhi keinginan itu. Seperti halnya perusahaan jasa telekomunikasi yang bergerak dibidang operator seluler, mempunyai kewajiban untuk selalu memberikan kepuasan lebih kepada pelanggannya agar tetap setia dan otomatis memberikan suatu "brand image" yang terbaik sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Tingginya tingkat persaingan antar operator seluler baik itu GSM maupun CDMA didukung oleh besarnya jumlah pemakai seluler di Indonesia yaitu sebesar 116.144.392 juta (Data Wireless Intelligent 2008) belum lagi ditambah jumlah pemakai internet yang hampir sebesar 10 juta orang (2009) dan angka itu tentunya akan terus bertambah, hal itu membuat perusahaan operator seluler yang ada berlomba-lomba menarik perhatian untuk memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya . Salah satunya adalah perang tarif termurah, mulai dari 0.001/detik hingga 0.000001 /detik. Namun ada juga yang melirik celah pasar yang lain, yaitu sebagai penyedia jasa internet termurah, mulai dari 45.000/bulan (unlimited) , 2500/hari (unlimited) dan sebagainya.

Namun bila ditelusuri secara hitung-hitungan normal, dari semua itu tidak ada yang benar-benar murni sesuai iklan yang disebarkan alias hanya taktik dagang untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Belum lagi adanya persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi hingga menjadi tidak simpel. Di dunia pemasaran mungkin itu bisa dimaklumi, namun bagi konsumen awam cukup merugikan atau bisa dikatakan sebagai kepuasan yang semu.

Mewujudkan kepuasan yang tidak semu menjadi tantangan tersendiri bagi operator seluler. Menuntut mereka untuk bersikap lebih jujur dan simpel dalam mempromosikan produknya. Memang tidak mungkin sama persis tapi minimal agar layanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diiklankan. Dari sekian banyak operator seluler yang ada, ada satu operator yang terlihat sudah berusaha menerapkan strategi Jujur dan simpel dalam upaya memberikan "kepuasan lebih" kepada pelanggannya. Yaitu operator seluler AXIS.

Bentuk penawaran yang diberikan AXIS adalah suatu bentuk komunikasi yang hemat, jujur,simple dan dengan jangkauan yang semakin luas. Dimana :

Komunikasi yang hemat adalah memberikan tarif yang murah namun berkualitas berdasarkan target pasar yang telah ditentukan.

Komunikasi yang jujur adalah memberikan tarif dan pelayanan sesuai dengan apa yang telah dijanjikan tanpa ada yang disembunyikan.

Komunikasi yang simple adalah memberikan segala kemudahan dalam melayani konsumen tanpa harus melalui persyaratan yang rumit.

Komunikasi dengan jangkauan yang luas adalah memberikan kelancaran dalam berkomunikasi hingga ke segala pelosok tanah air.

Satu lagi yang sangat penting yang dilakukan oleh AXIS yaitu sikap "empati” yang ditunjukkan melalui tag line “kamu adalah yang utama” suatu ungkapan manis yang sangat dalam artinya. Dimana perhatian khusus berusaha diberikan secara optimal kepada tiap pelanggannya. Seperti kita ketahui sikap “empati” biasanya hanya ditunjukkan produsen kepada konsumen tertentu (menengah atas), tapi lain dengan AXIS yang dengan segala kerendahan hatinya berusaha tidak membedakan pelayanan. Begitulah cara AXIS untuk selalu memberikan kepuasan yang lebih kepada pelanggannya dengan cara yang baik dan jujur karena konsumen adalah yang utama.

Comments

  1. balik lagi,,,yang iklannya budi anduk kan?

    ReplyDelete
  2. wah..saya ndak pake axis..
    btw operator tersebut mendukung segala kegiatan blogger wongkito ya..
    mantap deh..
    salam kenal bro terima kasih telah berkunjung ke blog saya

    ReplyDelete
  3. aku pake 2 kartu ....

    salah satunya axis .. tarif internetnya murah
    hehehe ..

    salam kenal pak ...

    ReplyDelete
  4. Cara berpromosi tiap perusahaan memang beda-2 ya, dan mudah2an sih memang tulus, jgn hanya iklannya saja.
    Saya kebetulan belum berminat utk pakai axis nih, pak. Masih Indosat sajalah... :)

    ReplyDelete
  5. tetap setia ma Telkomsel... kadang2 juga selingkuh.... hehehehe...

    ReplyDelete
  6. lapor.... saya pemakai AXIS juga Bos.... dan saya sangat terbantu dng memakai kartu selular itu...

    mantab reviewnya

    ReplyDelete
  7. blue juga tak pakai namun trims untuk postingannya
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  8. @All : tq commentnya, apapun yang kita pakai yang penting manfaatnya bisa terasa oleh kita :)

    ReplyDelete
  9. walah..promosi axis
    tapi aku da pake telkomsel hayoo...gmn??

    eh salam kenal pak...

    ReplyDelete
  10. @Bas...hehehe, konsumen berhak memilih toh tapi juga berhak mencoba sesuatu yang lain agar bisa lebih tahu kelebihan kekurangan suatu produk :) salam kenal balik.

    @Wawank..oke bro :)

    ReplyDelete
  11. Jadi pingin nyoba nih, siapa tahu emang lebih murah :)

    ReplyDelete
  12. benar....
    kepuasan pelanggan adalah hal yang utama dan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu usaha.
    kemudian baru diikuti dengan kepuasan karyawan, lalu kepuasan pemilik usaha.
    seandainya banyak perusahaan yang menjalankan hal ini.
    hmmmm........

    ReplyDelete
  13. ane juga gak pake AXIS bro...he..he..

    Agan dikontrak ya sama AXIS?

    salam kenal dari mbak Oyen

    ReplyDelete
  14. AXIS ya? catat dulu deh...kapan2 dicoba.

    ReplyDelete
  15. makasih infonya.
    konsumen mencari dan baik dan murah. hehehe....

    ReplyDelete
  16. @Attayaya...setuju bang, seharusnya emang begitu :)

    @Oyen..syukurlah kalau begitu :) gak juga cuma mencoba berbagi aja :)

    @sda..hmmm oke tuh harus berani nyoba biar tau he22

    @Narti..setuju, murah tapi berkualitas :)

    ReplyDelete
  17. waduuhhhh anak buah nya para axiser iia kang/?!?!? huehehehe.. mangtabs ripiunya kang :) makasii iia uda berkenan mampir ke tempat saiia :)

    ReplyDelete
  18. hehehe, bukanlah, aku hanya seseorang yang ingin berbagi :) n tq juga dah kesini :)

    ReplyDelete
  19. Saya sih masih pake operator yang sering nge-hang. tapi mau ganti masih eman-eman soalnya nomernya bagus sih, tur yo wis terkenal. Kalau mau beli HP baru saya ndak punya ongkos buat kasih makan....

    ReplyDelete
  20. wah, tenkyu ya...axis gituh... ;-)
    salam kenal... heheheheh

    ReplyDelete
  21. @nahdhi...hehehe siapa tahu nanti ada rejeki gede, biar bisa nyobain axis :)
    @A-chen...wou pake axis juga ternyata, salam kenal juga hahahahah

    ReplyDelete
  22. Sebenernya penginnya si Scholes atau Carrick atau Park ji sung atau Keane atau Hargreaves atau Nicky butt atau pemain tengah gelandang bertahan M U lainnya, sayangnya udah ada Cantona sih Mas... hihihihi, jadi iYYa si Davids ajah... :-)

    ReplyDelete
  23. waduh sekali2 pemain indonesia ae bro, tapi ada gak ya???? wkwkkwkkw

    ReplyDelete
  24. hihihiihih... hmmmmm, bima sakti wes... mungkin... xixixixi

    ReplyDelete
  25. ah ... saya enggak percaya axis! saya pikir bener unlimited 2500 sehari! bener-bener unlimited! enggak tahunya ... booooooo .... kalau pake kuota bukan unlimited!

    ReplyDelete
  26. jhiaaa tq masukannya bro, ane cuma menyampaikan pesan aja hehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts