Indomaret vs Alfamart

Ada 2 nama besar brand ritel di negara kita yaitu Indomaret dan Alfamart yang cukup eksis saat ini. Persaingan yang panas bahkan saling berdekatan di berbagai lokasi, hingga dalam pameran franchise pun mereka bersanding tepat di tengah ruang pameran. Persaingan antar keduanya sangat menyolok terutama khususnya di pulau jawa, dimana ada Indomaret pasti disitu ada Alfamart. Sedangkan di luar jawa, masih Indomaret yang mendominasi terutama di daerah kabupaten atau daerah pinggiran, secara mereka diuntungkan sebagai "pemain" lama.

Satu sisi kedua peritel tersebut cukup menguntungkan konsumen yang tinggal di perumahan dalam berbelanja kebutuhan dasar sehari-hari. Menguntungkan juga bagi pengusaha yang ingin menjual produknya di minimarket. Selain itu juga bisa mengurangi jumlah pengangguran. Tapi sisi lain merugikan para pemilik warung tradisional ataupun semi grosir dan minimarket lain.

Harusnya hal itu menjadi perhatian pemerintah, dimana "hadirnya" kedua minimarket itu bisa mematikan mata pencaharian mereka. Alangkah lebih baik bila ada pembatasan jumlah Minimarket di setiap lokasi terutama minimarket yang dimiliki oleh "kaum berduit" seperti itu. Agar tetap terjadi keseimbangan dan keadilan (kalau boleh dibilang begitu). Apalagi kedua ritel tersebut sudah memakai sistem franchise dalam pengembangan usahanya. Artinya siapapun yang memenuhi syarat dapat mendirikan Minimarket dengan nama (Indomaret atau Alfamart) di mana saja. Bisa dibayangkan "yang kaya akan bertambah kaya sedangkan yang miskin jadi tambah hancur".

Memang dalam dunia bisnis persaingan itu wajar. Tapi sesuatu yang "berlebihan" bagaimanapun pasti merugikan hehehe. Entah apa saja kerjaan departemen perdagangan sehingga saking sibuknya berkesan "membiarkan" persaingan yang menurutku sudah mengarah tidak sehat. Bahkan berkesan jadi "duopoli" artinya hanya dua ritel itu yang bisa berbuat "semaunya" menempatkan minimarketnya di mana saja.

Alangkah lebih baik jika "kelebihan duit" pengusaha besar seperti itu tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan usahanya sendiri, tapi dijadikan modal bagi pengusaha-pengusaha kecil untuk lebih mengembangkan usahanya pasti akan lebih bermanfaat. Entahlah kita cuma bisa berharap ada 'keadilan" disini :)

Comments

  1. setuju Neh, mungkin kalo boleh mengusulkan ke Pak Sby, saya mungkin mencalonkan Mas neh...
    SUNGGUH!

    ReplyDelete
  2. Mantab Mas, memang harus segera ditanggulangi neh, kondisi yang tak sehat ini, jangan sampai sudah sekarat, ntar keburu terlambat, hinggak tiada obat... :-)

    ReplyDelete
  3. secara harga mereka tidak bisa bersaing karena supplier sama, jadi mereka mengedepankan dan berkompetisi di pelayanan.

    baca di mana ya?perasaan td udah baca juga hmmm hehe

    ReplyDelete
  4. @All : ayo kita jadi pengusaha yg sukses!!! amiin :)

    ReplyDelete
  5. begitulah dunia bisnis. kadang kejam.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts