Kanker demokrasi (Pasal pencemaran dan penghinaan)

Indonesia Corruption Watch (ICW) akan membahas sejumlah pasal yang bisa disebut sebagai "kanker demokrasi", yakni pasal pencemaran nama baik dan penghinaan, dengan hakim konstitusi di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut ICW, pasal pencemaran nama baik dan penghinaan yang menjerat mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji atas tuduhan menghina dua perwira Polri harus ditolak. "Susno mungkin belum tentu benar. Tapi praktik penggunaan pasal "kanker demokrasi" untuk membungkam pelapor dan "whistleblower"(dianggap tak sah, red) kasus korupsi harus ditolak,".



Hal tersebut, menurut ICW, karena pasal-pasal tersebut pantas ditempatkan sebagai musuh pemberantasan korupsi. LSM antikorupsi itu juga berpendapat, keberadaan pasal ini hanya akan menguntungkan koruptor dan mafia hukum. Tidak saja mengancam pelapor kasus korupsi, akan tetapi juga budaya kritik, fungsi pengawasan pers, atau bahkan masyarakat biasa yang mengeluhkan pelayanan publik seperti Ibu Prita. Untuk itu, ICW menghendaki agar sejumlah pasal "kanker demokrasi" tersebut agar bisa dicabut. sumber



Berita diatas menunjukkan penyakit baru yaitu "kanker demokrasi", yang pengobatannya harus "di operasi" untuk mencabut pasal-pasal yang menjadi sumber pernyakit tersebut hehehe. Yang jadi perhatian adalah "Dasar pembuatan pasal-pasal tersebut" padahal yang membuat adalah orang-orang yang pintar dan memahami "sebab-akibat". Hal ini bukan tanpa dasar, karena sudah banyak terjadi pasal ini dimanfaatkan untuk "berkelit" dan "membalas" tuduhan dengan alasan pencemaran nama baik. Wajar jika pasal ini disebut "kanker demokrasi" oleh ICW. Mungkin solusi terbaik adalah membuat"pasal jalan tengah" dimana seminimal mungkin tidak merugikan dan dimanfaatkan untuk hal lain hehehe.

Comments

  1. memang harus dihanguskan tuh pasal pencemaran nama baik itu...

    ReplyDelete
  2. datang berkunjung n baca-baca nambah wawasan...

    salam kenal

    ReplyDelete
  3. sekalian follow

    tukeran link yuk..

    ReplyDelete
  4. ternyata aturannya berubah ubah yak...

    ReplyDelete
  5. tks infonya. btw, gak mo kopihitam. maunya kopi susu.bawain pisang goreng

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts