Mana Janjimu (Do'a korban Lapindo di atas Lumpur)



Warga Desa Siring Barat, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, berdoa bersama di balai desa setempat. Doa bersama ini dilaksanakan selama empat hari mulai Selasa lalu. Doa yang dipanjatkan untuk memberikan dukungan moral kepada perwakilan mereka yang melaporkan soal lumpur Lapindo ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.



Rombongan korban lumpur Lapindo berangkat ke Jakarta, untuk menagih janji pembayaran ganti rugi bagi dan dampak sosial lainnya. Rombongan terdiri dari 11 perwakilan korban lumpur bersama Panitia Khusus Lumpur Lapindo Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.



Perwakilan korban Lapindo dan Pansus lumpur Lapindo juga mengunjungi Dewan Perwakilan Rakyat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Dewan Pengarah Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo. Saat ini kawasan permukiman warga tak layak huni lantaran sering muncul semburan gas disertai lumpur. Untuk itu, mereka meminta agar daerahnya dimasukkan dalam peta terdampak. Selama ini warga tak tenang lantaran khawatir terjadi ledakan atau kebakaran dari gas methan yang keluar dari semburan bawah tanah. Selama ini warga hanya menerima jaminan hidup selama lima bulan. "Dana yang diterima tak sebanding dengan kerugian dan dampak sosial yang dialami warga,".



Panitia Khusus Lumpur Lapindo Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sidoarjo juga menagih janji PT Minarak Lapindo Jaya untuk menyelesaikan dampak sosial yang ditimbulkan luapan lumpur Lapindo. Di antaranya membangun gedung sekolah, memperbaiki pasar baru Porong, sarana umum dan fasilitas sosial lainnya. sumber

Begitulah nasib para korban Lapindo yang hingga kini belum menerima santunan sesuai "janji-janji" dari pemerintah dan pihak Lapindo itu sendiri. Entah sampai kapan janji itu dapat terwujud, secara nasib mereka saat ini seperti "terlupakan". Tuhan pasti mengabulkan do'a mereka meski wujudnya berbeda :)

Comments

  1. entah kapan ya bisa direalisasikan tuh janjinya.

    ReplyDelete
  2. Tuhan pasti mengabulkan do'a mereka meski wujudnya berbeda...
    kalimat terakhirnya menyimpan ancaman keknya... :-)

    ReplyDelete
  3. Semoga kasus lapindo segera terselesaikan... Amin.

    ReplyDelete
  4. ya allah sedih juga meliad kasus ini berkepanjangn dan entah kapan selesainya

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    :D

    ReplyDelete
  5. semoga cepet teratasi dan ada solusi untuk lapindo ini

    blogwalking

    ReplyDelete
  6. semoga cepet ditepati yah janjinya
    salam

    ReplyDelete
  7. @All : amiin :)
    @Achen :bukan ancaman bro tapi kenyataan, kadang do'a kita dikabulkan dengan wujud yg lain :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts