Menang dan Kalah

Kekalahan adalah hal yang biasa terjadi di dalam hidup ini. Bahkan ada yang terbiasa "kalah" dalam hidupnya, sehingga bingung dan tidak tahu bagaimana lagi. Kalah itu rasanya pahit, merasa tidak berguna dan sia-sia dengan apa yang telah di usahakannya. Seperti kata orang bijak " kekalahan adalah kemenangan yang tertunda". Artinya siapapun yang pernah kalah pasti nantinya akan merasakan kemenangan. Nah bagaimana dengan orang yang belum pernah menang sama sekali, apakah itu takdir atau memang dia tak pernah belajar dari kekalahan ? Jawabannya mungkin takdir mungkin juga karena memang tak pandai belajar dari kesalahan atau bisa jadi itu bukan jalan dia untuk menang. Dengan kata lain dia harus menemukan jalan atau bidang lain yang bisa dia menangkan. Intinya jangan pernah menyerah dengan keadaan. Kita harus percaya nasib bisa dirubah asalkan kita mau merubahnya. Memang tidak mudah mempunyai mental "pantang menyerah" karena dibutuhkan "kekuatan" tersendiri. Kekuatan yang bisa muncul karena "kondisi", artinya diciptakan bukan tercipta.


Sekarang bicara soal kemenangan. Pengertian menang adalah mengalahkan, lulus, meraih, mendapat hadiah, dapat melebihi, atau dinyatakan benar. Namun perlu diingat "yang kuat atau baik bukanlah yang menang, tapi yang menanglah yang terbaik atau terkuat". Kata-kata ini merupakan suatu motivasi bagi kita bahwa siapapun bisa menang asalkan dia bisa menjadi yang terbaik diantara yang terbaik. Berbeda ketika kita ingin mengambil suatu keputusan terbaik, dimana kita harus bisa "memilih yang terbaik diantara dua yang terburuk".


Memang kalau bicara soal menang atau kalah tak akan pernah habis hingga akhir dunia. Seperti kata orang-orang, dunia seperti roda yang terus berputar dan akan terus ada yang menang dan kalah. Semua kembali bagaimana kita menyikapinya. Bagaimana menyikapi jika menang dan bagaimana menyikapi jika kalah :). Yang pasti setiap orang sudah punya porsinya masing-masing, jika kita tak pernah menang di suatu bidang mungkin itu bukan porsi kita, jadi cobalah beralih kebidang lain yang mungkin peluang kita untuk menang lebih besar. Atau terus memperbaiki diri agar lebih baik di bidang tersebut agar bisa menjadi yang terbaik. semoga :).

Comments

Post a Comment

Popular Posts