Negeri kaya gas (tapi krisis gas)

Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi menyerah untuk memenuhi pasokan gas sebesar 100 juta kaki kubik per hari (mmscfd) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Tawar pada tahun ini. “Kekurangan gas itu baru bisa dipenuhi dari LNG Receiving Terminal pada September 2011, satu-satunya jalan yah itu tidak ada lagi,” kata Kepala Bina Humas dan Hubungan Kelembagaan BP Migas Sulistia Hastuti Wahyu di Jakarta, Kamis 25 Maret 2010.

Alasannya, Sulistia menjelaskan, produksi gas dari lapangan Grissik di Sumatera Selatan milik ConocoPhilips lebih diprioritaskan untuk meningkatkan produksi minyak lapangan Duri, di Riau milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). Sebab, jika tidak dilakukan cara ini, target lifting dan produksi minyak nasional tidak tercapai. Akibatnya, penerimaan negara yang terancam turun. ”Potensi ruginya lebih besar,”kata dia. Selain itu, prioritas gas sudah sesuai dengan peraturan menteri soal pemanfaatan gas untuk kebutuhan domestik. “Jadi gas dari lapangan ConocoPhilips tidak bisa dialihkan untuk mengatasi kekurangan pasokan gas ke PLTGU Muara Tawar,”tuturnya. sumber



Begitulah jika negeri kaya gas namun tidak bisa mengelola sendiri kekayaan alamnya. Padahal potensi cadangan energi indonesia (2007) untuk gas bumi, cadangannya sebesar 187 TSCF (triliun standar cubic feet) dengan produksi 2.77 TSCF pertahun berarti masih mampu bertahan hingga 68 tahun kedepan. Nah kekayaan sebanyak itu belum bisa di kelola secara maksimal karena "modal" yang masih lemah dan sangat butuh "investasi" dari luar. Padahal kebutuhan gas di negeri kita ini sangat tinggi, tidak hanya perusahaan besar tapi juga rumah tangga. Semoga kedepannya ada "solusi" terbaik dari pemerintah untuk mengatasi ini semua. Amin :)

Comments

  1. istilahnya mati di lumbung padi....
    atau yg lebih tepat, jadi tamu di negri sendiri...eh apa gak ada yg tepat ya?..bingung

    ReplyDelete
  2. kalo orang yg kaya gas? berarti hobi...ken...
    gak mo diterusin akh. hahhaha

    ReplyDelete
  3. hufh..
    see also'
    http://ngancik.wordpress.com

    ReplyDelete
  4. kacian kacian kacian..
    http://ngancik.wordpress.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts