Sukses berwirausaha (Ala Cak Eko)

Wirausaha adalah solusi terbaik untuk mengurangi tingkat pengangguran. Lapangan kerja yang sempit namun dipenuhi jutaan pencari kerja membuat kesempatan untuk menjadi karyawan menjadi tidak mudah. Pengangguran dari semua lulusan (SMA atau Sarjana) saling berebut kesempatan itu. Mencari kerja dan sekedar bekerja itu mudah namun mendapatkan kerja yang sesuai keinginan atau basic pendidikan sungguh butuh "kemampuan" dan "keberuntungan" lebih :). Maka bagi yang kurang beruntung atau tidak ingin hanya menjadi "salesman/girl" atau "pekerja kasar" memulai membuka usaha sendiri (wirausaha) bisa menjadi solusi terbaik.


Memang kita butuh modal awal agar bisa memulai usaha sendiri. Modal awal bisa dicari yang paling penting adalah "kesiapan" mental dan tekad yang kuat untuk berusaha. Seperti Mas Henky Eko Sriyantono atau biasa dipanggil Cak Eko pemilik waralaba bakso malang 'Cak Eko'. Sepuluh kali gagal dalam berbisnis, tidak mengalahkan semangatnya untuk kembali memutar modalnya dalam dunia tersebut. Cak Eko memulai bisnis bakso malangnya di sebuah pelataran Pujasera di Jatiwarna, Bekasi, Jawa Barat sekitar tahun 2006 dengan bermodalkan Rp 2,5 juta.


Cak Eko juga pernah merambah bisnis pakaian muslim, tanaman jahe, katering, kerajinan barang atik, dan sebagainya. Namun, karena penerimaannya tidak berjalan dengan lancar, dia menghentikan bisnis tersebut. Dengan bermodalkan hobi masaknya sejak SMA, Cak Eko mulai berinovasi ke dunia kuliner dengan membuat usaha bakso Malang tersebut. Hanya dalam kurun waktu 10 bulan, bisnis bakso Cak Eko berkembang dengan pesat. Sekitar Oktober 2006, dia mulai mengembangkan brand-nya melalui sistem franchise. Hingga saat ini sekitar 120 outlet Bakso Malang Kota "Cak Eko" tersebar di Indonesia. Sekarang usaha tersebut juga akan merambah dunia internasional. Rencananya akan go international ke negara-negara ASEAN.

Menurut Cak Eko, kegagalan dalam berbisnis itu bisa disebabkan beberapa hal : 1. Kesalahan memilih mitra. 2. Bisnis yang pendapatannya tidak harian bisa berpotensi kegagalan. 3. Tidak memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis.

Kemudian beliau juga memberikan tips dalam berbisnis yaitu : 1. Jika terjadi kenaikan harga, sebaiknya pebisnis jangan terlalu terburu-buru menaikkan harga, karena daya beli masyarakat belum tentu naik. 2. Pemula sebaiknya jangan terpengaruh dengan iming-iming keuntungan besar dalam berbisnis padahal mereka tidak tahu ilmu mengenai bidang yang akan digelutinya itu. 3. Untuk mengatasi kompetitor, menciptakan perbedaan dengan kompetitor melalui kualitas dan promosi. Kuncinya di inovasi dan menjaga kualitas.


Demikianlah sosok dari Cak Eko seorang usahawan yang sukses, walau pernah 10 kali mengalami kegagalan beliau tidak pernah pantang menyerah untuk terus berusaha. Semoga masukan dan tips dari Cak Eko diatas dapat bermanfaat bagi kita yang ingin menjadi atau mengembangkan usaha sendiri. Satu pelajaran lagi yang bisa kita petik dari perjuangan beliau bahwa dalam hidup ini kita wajib untuk tidak pantang menyerah dalam mencapai suatu keinginan, kegagalan adalah pelajaran untuk kita bisa menjadi lebih baik :).

Comments

  1. wow.. betul banget tipsnya.. hmm, dapat ilmu banyak nih.. ^^ thanks yaa... btw, ada award BERTUAH di blogku buatmu.. ambil yaaa...

    ReplyDelete
  2. bener tuh. aku juga kadang terkendala saat mengelola uang pribadi dan uang bisnis. huh, yang namanya pengelolaan bisnis dan pribadi memang beda2 tipis, bisa2 overlap hihi

    ReplyDelete
  3. mantap.....
    sama nih dgn mbak fanny...jadi pengen bakso malang...hehehe

    ReplyDelete
  4. @Jodie : tq awardnya
    @All : ayo rame2 makan bakso hehehe

    ReplyDelete
  5. bener banget, kegagalan adalah awal kesuksesan, tentunya tanpa kata menyerah dan selalu berusaha, aduh jadi termotivasi kembali, banyak orang memandang hanya pada saat orang tsbt sukses, tanpa mau melihat jalannya menuju sukses, itulah manusia, maunya yang enyak -enyak aja aku juga :P

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts