Mafia Ala Indonesia

Di negara kita lagi trend menggunakan istilah "Mafia" untuk mengatakan "kelompok" oknum-oknum pelaku kejahatan di bidang tertentu. Misal mafia hukum atau peradilan, mafia dunia maya, mafia pajak, mafia kehutanan dan sebagainya. Mungkin nanti malah ada istilah mafia blog hehehe. Kenapa ya kelompok atau oknum-oknum tersebut disebut mafia, kenapa bukan bandit? apakah ada bukti yang jelas kalau semua itu dilakukan oleh para mafia ? entahlah yang pasti "mafia" mungkin lebih cocok untuk menyebut mereka daripada disebut bandit atau maling hehehe.

Apakah arti Mafia ? menurut sejarahnya mafia berasal dari bahasa Sisilia kuno, Mafiusu, yang diduga mengambil kata Arab mahyusu yang artinya tempat perlindungan atau pertapaan. Setelah revolusi pada 1848, keadaan pulau Sisilia morat-marit sehingga mereka perlu membentuk ikatan suci yang melindungi mereka dari serangan bangsa lain dalam hal ini bangsa Spanyol. Nama mafia mulai terkenal setelah sandiwara dimainkan pada 1863 dengan judul I mafiusi di la Vicaria (Cantiknya rakyat Vicaria), yang menceritakan tentang kehidupan pada geng penjahat di penjara Palermo.

Nama lain dari Mafia adalah Cosa Nostra, anggotanya selalu menulis kata ini dengan penuh hormat yaitu ditulis dengan awal huruf besar. Pengertian Cosa Nostra sendiri adalah “our thing” atau sama-sama satu bangsa, satu pemikiran atau “orang kita.” Namun dalam buku terjemahan Mafia Manager oleh Bern Hidayat disebut bahwa terjemahan Cosa Nostra adalah “urusan kita.” sumber .

Bagaimana sejarah terbentuknya Mafia? Menurut Nicaso dan Lamothe, pada awalnya mafia bukanlah organisasi kriminal. Dia merupakan kelompok perjuangan melawan penindasan dan penjajahan Prancis yang teramat kejam di Sisilia. Mafia terlahir dari motto perlawanan masyarakat tertindas berbunyi, ''Morte Alla Francia Italia Anela!'' yang konon berarti ''Maut di tangan Prancis adalah tangis Italia''.

Triad (mafia hongkong) berawal dari Fujian China, tahun 1674, ketika negeri tersebut dikuasai bangsa Manchu. Awalnya hanya terdiri dari 128 pendeta Budha, yang menguasai Kung Fu, lalu mendidik masyarakat dalam ilmu bela diri untuk mengusir penjajah Manchu. Setelah penjajah terusir, organisasi tersebut tetap eksis, namun kesulitan finansial menyebabkan mereka terlibat dalam berbagai kegiatan ilegal. Bernasib sama dengan kelompok Mafia yang hendak digulung oleh rezim Mussolini di Italia, kelompok Triad pun harus menyeberang ke Hongkong, karena kekerasan sudah menjadi pilihan hidup mereka.

Sejarah munculnya kelompok Yakuza di Jepang pun tidak terlepas dari para samurai atau ksatria berpedang peninggalan Rezim Tokugawa (1602-1868) yang mengisolasi daratan Negeri Sakura tersebut dari pengaruh asing selama dua setengah abad. Justru akibat diserbunya Jepang oleh Komodor Pery dengan Armada Hitam dari Amerika, tahun 1853 dan 1854, para samurai tak bertuan yang disebut ronin melakukan perlawanan gigih terhadap para penyerbunya. Pergantian rezim dari Tokugawa ke rezim Meiji yang terkenal dengan restorasinya yang cenderung kebarat-baratan, menyebabkan para ronin kehilangan martabat dan mata pencarian, sehingga sebagian dari mereka mengelompokkan diri dalam grup Yakuza. sumber.

Dari beberapa sejarah mafia besar diatas terlihat pada awalnya terbentuknya mafia bukan untuk melakukan kejahatan tapi suatu bentuk "perlawanan" terhadap penjajah dan penindasan. Namun karena "perubahan" dan "kebutuhan akan "uang" akhirnya melakukan segala cara guna mempertahankan organisasi atau kelompok. Hingga saat ini kelompok mafia tersebar diseluruh dunia, dan rata-rata mereka berkelompok sesuai dari negara asal mereka. Berikut sepuluh organisasi mafia terbesar yang ada di dunia :

1. Jamaican-British Yardies
2. The Albanian Mafia
3. The Serbian mafia
4. Israeli Mafia
5. Mexican Mafia
6. Japanese Yakuza
7. Chinese Triads
8. Colombian Drug Cartels
9. Sicilian and American Cosa Nostra
10. Russian Mafia sumber

Bagaimana dengan Indonesia ? apakah nama mafia versi negara kita ? yang jelas bukan seperti yang disebutkan di atas (mafia hukum, mafia kasus, etc). Kelompok Mafia di negara kita ada dan eksis hingga sekarang, namun belum terkenal seperti mafia luar negeri. Salah satu contohnya kelompok mafia di suatu kota kabupaten di sumatera selatan yang sudah turun temurun menjalankan aksinya. Hebatnya mereka tidak melakukannya di Indonesia tapi di luar negeri (Singapura, Malaysia, Brunei, etc). Uniknya sebelum berangkat mereka melakukan ritual seperti yasinan dan ketika sudah pensiun mereka kembali pulang membangun rumah besar bahkan naik haji. Selanjutnya "tugas" itu diserahkan pada anaknya atau keluarga terdekat.

Jadi istilah-istilah yang lagi trend sekarang ini berkesan "disamaratakan" untuk mempermudah mengindentifikasi saja atau mudah diingat. Tanpa ada kejelasan bentuk organisasinya. Yang jelas mafia yang lagi trend sekarang tidak seperti mafia asli, dimana punya ciri tertentu (Tato, bersenjata lengkap dan sebagainya). Tapi apapun bentuknya, prilaku kejahatan dibidang tersebut (hukum, pajak, kasus, etc) memang harus diberantas habis tinggal bagaimana kinerja kepolisan dan pihak terkait dalam menanganinya. Sulit, karena sudah membaur dalam keseluruhan sistem di negara kita. Sama seperti korupsi yang sudah mendarah daging. Kembali ke diri kita pribadi agar tidak terjerumus melakukan hal seperti itu. Semoga :) .

Comments

  1. Waduh,, jadi nama mafia yang ada di Indonesia itu apa mas namanya ?? tapi salut juga mereka gak jalankan aksi di Indonsia .. Hehe .. ** ( Indonesia ekspor mafia juga rupanya .. ^^)

    ReplyDelete
  2. hehe, sengaja gak tak sebutin "rahasia umum" soalnya hehehe

    ReplyDelete
  3. semoga semakin berkurang Mafia di negeri ini .. ngeri kalo liat film mafia di TV .. hehehehe ...

    ReplyDelete
  4. mungkin biar sedikit keren kali di sebut mafia, padahal ngga jauh dari bandit :D

    ah..aku tak tau mafia..
    yang kutau hanya Mafia Cinta hihihi..

    ReplyDelete
  5. mafia yang terkenal dari sumsel itu apa yang mereka lakukan bang??
    mafia emang ada ditiap negara tapi beda penyebutan aja :) keknya udah mengakar gitu..
    jadi inget film God Father ^^ mantaap kali tu film

    o iya sayah maw protes,sapa bilang film indonesia gag ada yang berkualitas??nonton lah dulu tu filmnya deddy mizwar baru coment ^^ sayah walaupun skeptis dengan perfilman saat ini tetep masih menghargai film2 indonesia..film indonesia yang bermutu masih ada kok such as : gie,laskar pelangi,sang pemimpi,naga bonar 2,alangkah lucunya (negeri ini)...menurut sayah content dari film2 itu bermutu ^^ :D

    hihihihi kepanjangan.,.,abiss baca comentmu bang wat kesel :(

    ReplyDelete
  6. *baru nyadar ini blognya aluawi ahmad yah hikzz T_T

    ReplyDelete
  7. @Ranny : mafia dari sumsel itu kerjaannya sama dgn mafia luar :) btw sori aku memang lagi bete liat pilem indonesia, emang gak seluruhnya tak bermutu hehehe, kan aku dah bilang untung masih ada aktor sekelas om deddy mizwar sehingga masih ada nilai plus pilem2 tersebut :)

    ReplyDelete
  8. yg kutahu sih matematika dan fisika itu namanya mafia

    ReplyDelete
  9. @Mbak Fanny: Wakakakakakakak!!!

    ReplyDelete
  10. wah, dari mafia, triad, yakuza, dan mafia2 lainnya di sebutin semua sejarahnya, dan ada juga mafia2 lainnya thoh...
    ehmmmmh, buwel pahamnya cuman mafia wars, game di fb... :-)

    ReplyDelete
  11. @Buwel : makanya emang lebih baik jadi mafia wars aja, gak buat orang lain rugi toh hehehehehe

    ReplyDelete
  12. sama donk
    Seiri juga maen mafia wars

    hehehehe

    trims infonya

    ReplyDelete
  13. Wah, selain teroris, di Indonesia ada mafia juga ternyata.

    ReplyDelete
  14. @Seiri : hehehe
    @Disatia : Begitulah :)

    ReplyDelete
  15. cosa nostra hehehe jadi ingat cosa aranda :-)

    ReplyDelete
  16. mafioso..chitatos..choclatos lezatos..gubraakos..kena jotos kaburoos...ngos ngos....hos..hos..

    ReplyDelete
  17. @fanny : chocolatos enakos, maukos? wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  18. hahaha betul... betul... betul...
    sekarang oknum dan aparat di negara ini pun banyak yang menjadi mafia yang merugikan masyarakat...
    MAFIA memang sudah menjadi istilah yang berbau negatif di zaman ini..

    thx 4 infonya... sya jadi tau klo mafia yg sesungguhnya tdk sperti skrg ni...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts