Pencangkokan Usaha (Industri vs UKM)

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) mencanangkan program pencangkokan usaha yang dikembangkan untuk menciptakan model kerja sama saling menguntungkan antara industri dengan UKM. Pencangkokan usaha adalah program yang baru dikembangkan dan di luncurkan secara resmi di Semarang pada tanggal 22 April 2010. Program tersebut merupakan program penyempurnaan dari sistem permagangan kerja yang telah ada saat ini.



Bedanya, dalam sistem magang, pekerja yang magang di sebuah perusahaan jika masa magangnya usai maka tidak ada lagi ikatan dengan perusahaan tempat magangnya. Sedangkan dalam sistem pencangkokan usaha akan tetap mengupayakan antara pemagang dan perusahaan tempatnya magang memiliki hubungan bahkan bila perlu membentuk jaringan usaha baru yang saling menguntungkan.


Program tersebut saat ini baru beranjak di tahun pertama sehingga sementara masih fokus pada tataran sosialisasi dan mendata/mengidentifikasi usaha menengah hingga besar yang memiliki reputasi baik. UKM-UKM yang mempunyai reputasi dan cerita sukses yang baik akan dikumpulkan untuk kemudian dari mereka akan dimulai mengembangkan program pencangkokan usaha.



Kedepannya jika usaha skala mikro yang dibina itu sudah mampu mandiri maka akan dijadikan vendor, suplier, atau subkontraktor dari bisnis induknya. Program ini akan mencakup skup berskala nasional, meski begitu terbuka kesempatan kepada semua pihak untuk menerapkan model program pencangkokan usaha ini. sumber



Demikian itu berita yang cukup menggembirakan dari Kemenkop tentang program pencangkokan usaha yang baru diresmikan tanggal 22 kemarin. Seperti biasa kita pasti akan mendukung setiap program yang bermanfaat dari pemerintah hehehe. Paling tidak program ini memperbarui sistem magang selama ini, yang sifatnya hanya sementara atau numpang lewat doang :). Selama ini pemagang (individu atau kelompok) berkesan hanya menjadi "alat bantu" perusahaan yang di jadikan tempat magang. Hubungan terjalin hanya pada saat kontrak kerja magang berlangsung, nah dengan adanya program ini diharapkan tidak lagi seperti itu. Tinggal menunggu saja, apakah program ini akan "awet" atau hanya sekedar "lewat", semoga saja tidak :).

Comments

  1. Wow.. bgus2 tuh .. biar jadi lebih bgus indonesia ini .. ekonomi pun jadi lebih cepat tumbuh ..
    Nice post !

    ReplyDelete
  2. semoga saja awet hehe, met malem mas, dan met malem minggu yab ;)

    ReplyDelete
  3. Smoga industri kecil di negara ini makin maju...

    ReplyDelete
  4. Seiri pikir hanya organ aja yang bisa dicangkokkan..

    ReplyDelete
  5. ngerti..syukurlah kalo ada kek gini kan simbiosis mutualisme ^^
    semoga kedepannya tidak hanya sekedar wacana saja tapi bisa diterapkan dalam perekonomian kita ;)

    ReplyDelete
  6. @Abdul : ini masih program, lihat aja nanti :)
    @Inuel : awet ta awet hehehe
    @Buwel : amin :)
    @Andi : semoga :)
    @Seiri : hahaha, tau tuh pake istilah cangkok mangga eh cangkok industri :)
    @Ranny : semoga :)

    ReplyDelete
  7. bawain kopi bubuk deh. makasih kopi hangatnya.

    ReplyDelete
  8. wah, modelnya udah gak bisa dimakan. ganti ayoo...hehehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts