Universal Service Obligation (USO)

Program Universal Service Obligation (USO) untuk pengembangan Desa Pintar yang dibuat oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi. Dimana USO Desa Pintar merupakan program pengembangan teknologi internet di wilayah-wilayah kecamatan di banyak provinsi di Indonesia dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan perekonomian daerah-daerah di luar Pulau Jawa yang prospektif. Perusahaan teknologi informasi dan komunikasi PT Aplikanusa Lintasarta memenangkan tender program Universal Service Obligation (USO) untuk pengembangan Desa Pintar yang dibuat oleh pemerintah.


USO lebih kurang akan menjangkau 1.515 kecamatan di belasan provinsi di Indonesia yang dikelompokkan menjadi 3 paket, yakni paket 7, paket 8 dan paket 9. Paket 7 terdiri atas beberapa provinsi, yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Paket 8 terdiri atas Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Paket 9 terdiri atas Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. Selanjutnya, USO Desa Pintar akan direalisasikan pada awal Mei 2010 ini. sumber



Program Universal Service Obligation (USO) sebenarnya telah diresmikan di Jakarta pada tanggal 18 Desember 2003 yang lalu (Kompas/19/12/03) dengan fokus membangun akses jasa telepon dasar di 3.010 desa di tanah air . Namun entah kenapa baru tahun ini dikembangkan lagi dengan lebih memfokuskan pada teknologi internet. Sedangkan sejarah USO itu sendiri berawal dari istilah Universal Service yang tercatat pertama kalinya dalam kosakata sektor telekomunikasi pada tahun 1907. Saat itu Presiden perusahaan telekomunikasi terkemuka AT&T, Theodore Vail, mempopulerkan slogan “One System, One Policy, Universal Service” dalam laporan tahunan perusahaan tersebut berturut-turut hingga tahun 1914. Para ahli sejarah dan pengambil kebijakan berpendapat bahwa konsep yang disampaikan oleh Vail tersebut mengacu kepada kebijakan untuk mempromosikan affordability jasa telepon melalui subsidi silang (Mueller Jr., 1997).



Sesuai perjalanan waktu, konsep Universal Service kemudian diartikan bahwa setiap rumah tangga dalam suatu negara memiliki sambungan telepon, biasanya telepon tetap. Namun mengingat definisi di atas hanya layak untuk negara maju, maka kemudian muncul pula istilah Universal Access yang bisa dijangkau dan lebih sesuai dengan praktek-praktek di negara berkembang.


Universal Access diartikan bahwa setiap orang dalam suatu kelompok masyarakat haruslah dapat melakukan akses terhadap telepon publik yang tidak harus tersedia dirumah mereka masing-masing. Universal Access ini biasanya dapat diperoleh melalui telepon umum, warung telekomunikasi atau kios sejenis, multipurpose community center, dan berbagai bentuk fasilitas sejenis (ITU, 2003).



Sebenarnya tujuan konsep Universal Service dan Universal Access tidaklah semata-mata untuk menyediakan fasilitas telekomunikasi kepada seseorang atau kelompok masyarakat saja, tetapi adalah untuk:


(a) meningkatkan produktifitas dan pertumbuhan ekonomi;


(b) mempromosikan proses kohesi sosial dan politik melalui pembauran komunitas yang terisolir dengan komunitas umum/maju;


(c) meningkatkan cara dan mutu penyampaian jasa-jasa publik pemerintah;


(d) memacu keseimbangan distribusi populasi;


(e) menghilangkan kesenjangan sosial dan ekonomi antara information rich dan information poor. (Sumber : USO Telekomunikasi Oleh: Ir. Eddy Satriya, MA )



Nah itulah sedikit cerita tentang USO dan asal mula sejarahnya, moga bermanfaat :).

Comments

  1. USO sama UFO sama gak?hehehe..

    betewe aku gak suka Chelsea bro...Arsenal nih...huehue..harusnya aku yg bilang...MU mu mengalahkan Arsenalku..huehuehuehue

    ReplyDelete
  2. kirain ufo. hhehhee...minta bakso dong. gak pengen makan nih. pengennya makan bakso yg hangat

    ReplyDelete
  3. thanks USOnya... majulah indonesia... :-)

    ReplyDelete
  4. baksonya enak...besok bawain lagi ya. 2 mangkuk hehhee....

    ReplyDelete
  5. All : ayo ber USO hehehe
    Fanny : entar tak bilangin cak eko wkwkwkw

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts