Cermin diri (Parents Day)

Tulisan kali ini mengutip suatu dialog di dalam sinetron si Doel anak sekolahan, dimana si Mandra dimarahi bapaknya karena motornya ditilang oleh polisi gara-gara gak punya SIM, jadi si babe bilang begini "nah loe ama polisi aja takut sedangkan ama orang tua loe kagak takut!"... (Takut disini pengertiannya lebih ke "segan" atau "sungkan") aku mendengar kata-kata itu cukup tersentak, kata-kata yang sederhana namun mengingatkan kita tentang bagaimana "prilaku" kita terhadap kedua orang tua kita :).


Sudahkah sikap menghormati atau segan terhadap orang tua kita melebihi "keseganan" kita terhadap orang lain? suatu pertanyaan yang mungkin jarang kita tanyakan pada diri kita sendiri. Misal posisi kita sebagai seorang karyawan, biasanya kita "segan" sama pimpinan kita di kantor, kita berusaha bekerja sebaik mungkin, berbicara sehalus mungkin dan selalu berusaha mematuhi perintah atasan. Tapi coba ketika kedua orang tua kita meminta tolong atau menyuruh sesuatu pada kita, apakah sikap kita bisa seperti itu ?


Pertanyaan ini sebenarnya untuk diriku sendiri, merasa diri belum bisa menjadi anak yang berbakti dan bisa membahagiakan kedua orang tua :). Tapi paling tidak dari kata-kata itu "mengingatkan" kita agar bisa memperbaiki, bila selama ini sikap segan atau sungkan terhadap kedua orang tua jauh lebih kecil dibanding dengan orang lain. Semoga bermanfaat :)

Comments

  1. sangat menyentil nih, mas. telingaku jadi panas. duuuh...makasih ya dha mengingatkan.

    ReplyDelete
  2. Wah, iya neh waktu almarhum kedua ortuku masih hidup saya seringnya maeennn terusss, alnya masih sma, ntupun kadang nggak merhahatiin nasihat2nya, bila waktu dpat di ulang mungkin saya pengin menjadi yang terbaik tuk mereka...

    ReplyDelete
  3. makasih mas renunggannya, meyentak dada...

    ReplyDelete
  4. @Fanny : sama2 :)
    @Achen : dido'akan tiap habis sholat brother agar beliau bahagia disisinya..amin
    @Buwel : sama2 :)

    ReplyDelete
  5. renungan yang bagus.. memang harus kita akui ..terkadang kita seperti yang dalam cerita di atas..

    ReplyDelete
  6. wow..

    membuatku banyak merenung deh

    ReplyDelete
  7. coffee kedelai? kalo susu kedelai saya tahu.baru denger deh, mas

    ReplyDelete
  8. @Fanny ; inovasi baru dari mr coffee hehehe

    ReplyDelete
  9. Hehehe..kok judulnya sama ya dengan ini http://agustinw.blogspot.com/search/label/Cermin%20Diri

    Ada ya parents day? kalau ada harusnya diperingati setiap hari. Nice share..terima kasih.
    Ehm,saya follow njih mas..

    ReplyDelete
  10. @Ajeng : Iya terinspirasi dirimu :) parents day itu karanganku aja, moga nanti ada yg mau ngejadiin hari nasional hehehe, tq dah follow :)
    @Newsoul : tq mbak :)

    ReplyDelete
  11. "merasa diri belum bisa menjadi anak yang berbakti dan bisa membahagiakan kedua orang tua"... ini yang selalu kupikirkan tiap hari. Aku akan selalu berusaha melakukan yang terbaik yang bisa kuberikan untuk orang tuaku!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts