Menjadi Makelar Yang Baik (Peluang usaha)

Saat ini profesi makelar lagi trend, seperti halnya "mafia" hehehe, terutama "makelar kasus" (Markus) yang sempat menghiasi berita di tivi, surat kabar dan internet. Secara tidak langsung berita-berita tesebut memberi kesan "jelek" terhadap profesi makelar. Apakah sebenarnya makelar itu ? berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia ma.ke.lar adalah :


(1) perantara perdagangan (antara pembeli dan penjual); orang yg menjualkan barang atau mencarikan pembeli; pialang

(2) orang atau badan hukum yg berjual beli sekuritas atau barang untuk orang lain atas dasar komisi


Pada praktiknya kerja seorang makelar lebih banyak berperan sebagai perantara dari pihak-pihak yang akan melakukan jual beli. Dalam praktik kerja di lapangan banyak berbagai bentuk cara kerja dari seorang makelar. Nah dari variasi cara kerja ini serta dipengaruhi adanya "kesempatan" yang merupakan sumber terjadinya penyalahgunaan profesi ini, walaupun semua kembali kepada individu masing-masing.


Sekarang kita ingin melihat "sisi positip" dari profesi ini dari segi "peluang kerja". Dimana pekerjaan sebagai makelar adalah salah satu solusi bagi kita yang sulit mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, atau bisa jadi "kerja sampingan" yang cukup menguntungkan (Yang halal tentunya). Terutama jika kita tidak mempunyai modal yang cukup, menjadi makelar dapat dijadikan alternative yang tepat. Selain itu makelar adalah usaha yang pada dasarnya bersifat membantu orang lain.


Bagaimana langkah awal menjadi makelar ? Untuk memulai usaha ini, pertama kali yang harus dilakukan adalah mencari informasi tentang orang-orang yang akan menjual barang atau jasanya serta calon pembelinya, dan hal tersebut biasanya akan banyak Anda dapatkan di berbagai iklan di surat kabar atau majalah. Konsumen yang biasanya menjadi target adalah orang-orang yang ingin menjualkan barang atau jasa yang mereka miliki seperti rumah, tanah, terjemahan, pengurusan SIM/ STNK, mobil dan sebagainya. Setelah itu kita memfokuskan bidang yang akan menjadi target kita. Berikut beberapa bisnis yang biasa menjadi target makelar antara lain:

- Bisnis Catering, Anda bisa menawarkan ke sebuah event yang membutuhkan catering, seperti pertemuan besar atau perkawinan, ulang tahun, dan event-event yang lainnya. Anda bisa menawarkan proposal dengan berbekal harga dari sebuah perusahaan catering yang sudah ada kerjasama dengan Anda, kemudian Anda tinggal mengatur perbandingan harganya sehingga Anda juga mendapatkan untung.
- Bisnis Motor dan Mobil, Dengan menjadi makelar orang juga bisa sampai memiliki motor atau mobilnya. Jika mengikuti sebuah dealer kita diwajibkan untuk menjual beberapa motor/ mobil dalam setiap bulannya. Kenapa tidak menargetkannya untuk diri sendiri? kita tidak harus menjual produk baru, karena yang bekas juga banyak yang mencarinya.
- Bisnis Properti, Rumah walaupun mahal harganya namun banyak juga yang mencari. Tetapi kita tidak hanya itu saja yang bisa kita jual, seperti ruko atau kios kecil bisa ikut kita pasarkan. Bisa menjual rumah atau hanya tanah yang belum ada bangunannya. Besaran komisi untuk jenis ini cukup tinggi. sumber


Ketiga target diatas hanya contoh saja, masih banyak target lain yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan, semua kembali kepada "kreativitas" dan "kepandaian" kita dalam melihat peluang :). Demikian tadi sedikit tentang makelar, dimana dari sudut pandang bisnis adalah suatu peluang yang potensial bagi kita yang ingin mempunyai usaha yang tidak butuh modal banyak atau ingin mempunyai penghasilan tambahan. Dengan catatan menjadi makelar yang baik bukan seperti "markus" itu tadi hehehe. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. tks artikelnya. lagi mikir nih , mau jadi makelar cinta. ada gak ya? ha hahha...

    ReplyDelete
  2. Aku lagi mikir nyari ide buat buka usaha. Enak tu kalau sudah bisa jadi makelar. Tapi makelar apa y?

    ReplyDelete
  3. wah, makelar yg bener2 baek... :-)

    ReplyDelete
  4. suka neh dengan tips menjadi makelar yang baik ini.. sip

    ReplyDelete
  5. thx atas infonya... yups jadi makelar memang sesuatu yang menjanjikan dan menguntungkan... modalnya hanyalah keberanian, relasi, serta informasi... namun untuknya lumayan... ayo rame2 jadi makelar... tapi jangan makelar kasus ya....

    ReplyDelete
  6. @Fanny : ada tuh makelar cinta alias mak comblang hehehe
    @Febri :lihat kebutuhan teman2mu, misal ada yang hobi sepatu atau baju coba kamu jadi perantara buat nyariin sepatu atau baju yg sesuai seleranya, so kamu harus bisa kerjasama dengan toko baju/sepatu tersebut biar dapat komisi :)
    @Achen, buwel, Pum2 : moga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  7. Ups linknya salah.. hahahahha

    ReplyDelete
  8. oke, kayaknya ane bakalan jadi makelar juga,,,soialnya ada temen yang nawarin jualan korek api antik,..doakan ya/

    ReplyDelete
  9. boleh juga nih makelar cinta. hmm..honornya berapa ya?

    ReplyDelete
  10. @Mb>Fany: Mang ada honornya ea... :-)

    ReplyDelete
  11. @Fanny : Honornya dimudahkan rejeki, jodoh, n kesehatan hehehe
    @Qori : oke moga sukses jadi makelarnya :)
    @Achen n Buwel : tuh honornya hohoho

    ReplyDelete
  12. bro, kl 1m dijual 1,1m logis g tuh
    thk

    ReplyDelete
  13. @Nubito : kalau itu menyangkut ukuran luas tanah tentu gak logis bro :)

    ReplyDelete
  14. sip yang mau cari rumah kontrakan sekitar jogja kunjungi www.jasakontrakanjogja.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. sebenarnya aku tertarik jadi maklar lebih2 aku mantan sales tapi nanti moga ja bisa ajak kerja sama sama diler yang besar dan dicari orang maklar kan sama aja sama seles lepas ya ga sih....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts