May 15, 2010

Pemerataan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono meminta bank-bank penyalur kredit usaha rakyat agar jangan ada diskriminasi dalam penyaluran kredit usaha rakyat. Pernyataan Menko Kesra tersebut dikatakan dengan tegas usai mendengar laporan langsung dari masyarakat terkait kurang meratanya penyaluran KUR. Menko Kesra menjelaskan, penyaluran KUR tidak didasarkan pertimbangan golongan, ras, agama dan lain sebagainya melainkan kemampuan dan kelayakan usaha. sumber


Memang Kredit usaha rakyat yang telah berjalan selama ini kurang begitu dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan dikarenakan kurangnya pengawasan dari pusat terhadap penyaluran kredit tersebut. Sebenarnya bagaimana awal mula Kredit Usaha Rakyat itu dan apa tujuannya ?


Kredit usaha rakyat (KUR) pertama kali diluncurkan oleh presiden pada tanggal 5 November 2007, dengan fasilitas penjaminan kredit dari Pemerintah melalui PT. Askrindo dan Perum Sarana Pengembangan Usaha. Adapun Bank Pelaksana yang menyalurkan KUR ini adalah Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri dan Bank Bukopin.


KUR ini merupakan fasilitas pembiayaan yang dapat diakses oleh UMKM dan Koperasi terutama yang memiliki usaha yang layak namun belum bankable. Maksudnya adalah usaha tersebut memiliki prospek bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan. UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif antara lain: pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan dan jasa keuangan simpan pinjam. sumber


Demikian tadi bagaimana KUR berawal dan fasilitas pembiayaan ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya. Terkait berita di atas tentang kurang meratanya penyaluran memang sudah bukan rahasia umum di negara kita ini. Semua ini mungkin disebabkan terlalu banyaknya birokrasi yang harus "dilalui" oleh calon debitur dan "informasi" yang kurang jelas dan merata. Intinya memang butuh pengawasan langsung dari pusat mengenai penyaluran KUR tersebut agar dapat benar-benar tersampaikan ke tangan masyarakat yang membutuhkan modal buat pengembangan usahanya. Semoga :).

6 comments:

  1. Ya semoga benar-2 tersalurkan untuk orang-2 yang tepat ..

    ReplyDelete
  2. met wiken bawain jus stroberi, roti stroberi, kaos kaki gambar stroberi, kaus gambar stroberi.hi hihi..

    ReplyDelete
  3. Yups Mas, moga cerahlah ini negeri...

    ReplyDelete
  4. Ini yang aq tunggu, aq ingin banyak berkomentar tapi waktu yang ndak memungkinkan bang.....intinya aq kecewa dengan kredit usaha bantuan dari pemerintah, terlalu banyak syarat dan kelihatanya ndak tepat sasaran, klo orang kaya, pasti boleh kredit, tapi bagi yang menrintis dari awal, kadang sangat di persulit, out of theme ndak?

    ReplyDelete
  5. @Arbitter : gak keluar tema kok bro :) dan memang kenyataan yang terjadi seperti itu :( kita hanya bisa berharap semoga ada perubahan ya :)
    @Achen, buwel, batz : tq:)
    @Fanny : tq hihihi

    ReplyDelete