Prospek Mandiri (Program Sarjana Pencipta Kerja Mandiri)

Pengangguran merupakan suatu masalah yang sampai saat ini belum bisa ditanggulangi oleh pemerintah. Efek dari banyaknya pengangguran akan menimbulkan dampak yang cukup serius dari berbagai sisi kehidupan. Banyak program yang "diluncurkan" oleh pemerintah untuk mengatasi ini, namun hasilnya belum menunjukkan perubahan yang berarti.



Salah satu program tersebut adalah Program Sarjana Pencipta Kerja Mandiri (Prospek Mandiri). Prospek mandiri adalah program pemerintah c.q Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah bekerjasama dengan pemerintah Provinsi/DI/Kabupaten/Kota yang dapat diperluas dengan pihak-pihak lain, antara lain Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Organisasi Kemasyarakatan, yang dilakukan melalui pemberdayaan dan penyediaan fasilitas berupa peningkatan kualitas sumber daya manusia, dana berguilir dan dukungan bantuan perkuatan lainnya, kepada para sarjana dalam wadah koperasi, untuk melakukan kegiatan usaha pada berbagai bidang/sektor usaha, dalam ragka menumbuhkan usaha baru (wirausaha baru) dan penciptaan lapangan kerja.



Apa tujuan program Prospek Mandiri ? Program ini bertujuan untuk menciptakan usaha baru (wirausaha baru) yang mampu menciptakan kesempatan kerja, dan mengatasi masalah pengangguran, khususnya pengganguran tenaga kerja terdidik.Mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya manusia terdidik dalam menggerakkan perekonomian daerah,Memanfaatkan teknologi dan sumber daya lokal yang memiliki keunggulan kompetitif.



Bagaimana sistematika kerja dari Prospek mandiri ? sistematika kerja dari program ini terdiri dari tiga bagian yaitu :

1. Peran Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah:
Melakukan rekruitmen, seleksi, penetapan sarjana peserta dan penetapan koperasi Prospek Mandiri.Memberikan dukungan perbantuan, fasilitasi dana perkuatan berupa dana usaha dan sarana usaha.


2.Pemda dan pihak lain mempunyai peran:
Penyediaan lokasi usaha.Pembinaan/pendampingan serta dukungan lain yang diperlukan.Peran


3.Sarjana Peserta Prospek Mandiri:
Sebagai wirausaha (anggota koperasi), melakukan aktivitas usaha secara produktif dan efisien dalam wadah koperasi.

Demikian sedikit tentang program prospek mandiri, sesungguhnya program ini sangat tepat guna mengatasi atau mengurangi pengangguran. Namun kendala yang sering terjadi adalah kurangnya pengawasan dari pusat dan penyebaran informasi yang tidak terkonsentrasi kepada pihak-pihak yang dituju. Boleh dikatakan tidak banyak yang tahu tentang program ini, dan aplikasinya memang belum kelihatan dengan jelas. Kita cuma bisa berharap agar kedepannya dapat lebih baik :).

Comments

  1. wah maaf neh lom baca, lagi ngejar bewe mas, banyak yang ketinggalan.. duh

    ReplyDelete
  2. sama kek buwel... :-((((((((((((

    ReplyDelete
  3. aku juga mau mandiri..
    membahasnya gampang, tapi melaksanakannya
    susah bukan main
    apalagi background anak manja kayak gw..

    hehehehehe

    ReplyDelete
  4. semoga program ini bisa berjalan dengan baik..n pengangguran berkurang

    ReplyDelete
  5. wah, semoga saja program ini benar benar bisa diterapkan y =)

    ReplyDelete
  6. Semoga programnya lancar....Biarpun pelaksaannya nanti susah....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts