17 kunci sukses (Bisnis Waralaba)

Saat ini dan mungkin kedepan bisnis waralaba akan semakin berkembang pesat. Banyak segi positif yang didapatkan jika bisnis atau usaha kita dikembangkan dengan sistem ini. Apa pengertian Waralaba atau Franchising ? Secara harfiah waralaba/franchise adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Pengertian waralaba versi Indonesia adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Bagaimana tips (secara teori) agar bisa sukses di dalam bisnis waralaba ini ? Berikut ada 17 kunci sukses usaha waralaba, yaitu :

1. usaha yang dijalankan merupakan suatu prototipe usaha yang terbukti sukses
2. memiliki tim manajemen yang kuat, yang terdiri dari karyawan, manager dan direktur
3. memiliki modal yang memadai untuk memulai dan mengembangkan program waralaba
4. memiliki identitas dagang yan khas, berbeda dan dilindungi oleh hukum
5. memiliki metode operasi dan manajemen yang terbukti dan dituangkan dalam bentuk manual operasi tertulis yang komprehensif, dan tidak mudah ditiru oleh pesaing
6. memiliki program pelatihan yang sistematis dan aplikatif bagi franchisee.
7. memiliki staf pendukung lapangan (franchise support) yang terlatih dan professional.
8. memiliki dokumen sah yang komprehensif dan mencerminkan strategi bisnis perusahaan dan kebijakan operasinya.
9. usaha yang ditawarkan memiliki permintaan pasar yang terbukti memadai untuk produk dan jasa yang dikembangkan oleh franchisor.
10. Memiliki sekumpulan standar arsitektur dan kriteria pemilihan lokasi yang seragam.
11. memahami pemahaman yang tepat terhadap pesaing (langsung maupun tidak langsung)yang akan dihadapi oleh franchisor dalam memasarkan waralaba pada calon franchisee, dan saingan yang akan dihadapi franchisee dalam memasarkan produk dan jasanya kepada calon pelanggan.
12. memiliki hubungan dengan pemerintah, pemasok, lembaga keuangan,developer dan sumber daya penting lainnya.
13.memiliki sistem penyaringan dan rekruitment franchisee untuk mengindentifikasi kualifikasi atas persyaratan yang harus dipenuhi calon franchisee, misalnya kemampuan keuangan, kehandalan bisnis, dan pemahaman industri yang bersangkutan.
14. memiliki sistem pelaporan dan pencatatan yang efektif untuk menjaga kinerja franchisee dan memastikan bahwa royalty dilaporkan secara akurat dan dibayar tepat waktu.
15. memiliki kemampuan dan fasilitas riset dan pengembangan produk dan jasa bagi konsumen secara kontinyu melalui jaringan waralaba.
16. memiliki sistem komunikasi yang mempermudah dialog terbuka dan berkesinambungan dengan franchisee, yang nantinya akan mengurangi kemungkinan terjadinya konflik dalam jaringan ini.
17. memiliki program advertising, pemasaran dan kehumasan di tingkat daerah, nasional, bahkan internasional yang dirancang untuk mendapat calon franchisee dan juga konsumen di tempat-tempat yang dijalankan oleh franchisee. sumber


Demikian sedikit berbagi tentang waralaba, semoga bermanfaat :).

Comments

  1. ok deh...ntar aku buka usaha yg pake franchise deh.

    ReplyDelete
  2. pada umumnya usaha waraLaba memang menguntung, tetapi perLunya sebuah management tersendiri untuk dapat meminimaLisir resiko terhadap kerugian.
    terima kasih atas sharenya, bermanfaat untuk menambah wawasan bidang management wirausaha.

    ReplyDelete
  3. posting yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan kehidupan dan menuju kepada suatu kebahagiaan

    ReplyDelete
  4. saya belum tertarik usaha begituan, gimana ini?

    ReplyDelete
  5. @M.Avip : inikan cuma berbagi mas bukan mengajak hehe, dan memulai usaha yg bersifat waralaba memang gak mudah karena butuh "modal" dan "usaha" yang serius :)

    ReplyDelete
  6. .......nisnis waralaba adalah salah satu peluang yang dapat kita optimalkan, sukses ya pak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts