Penerapan SNI (Produksi Tabung Gas)

Terkait dengan banyaknya produk tabung gas yang tidak sesuai dengan SNI (standar Nasional Indonesia) sehingga mengakibatkan terjadinya teror ledakan tabung gas cukup memprihatikan kita semua. Semua itu menunjukkan "ketidakpedulian" pemerintah terhadap pentingnya pengawasan terhadap keamanan suatu produk yang dipakai oleh rakyatnya. Padahal sudah Jelas SNI diterapkan untuk mencegah hal itu, terus untuk apa ada SNI jika masih ada perusahaan yang belum menerapkannya. Terlihat kinerja pihak-pihak yang berwenang didalamnya boleh dikatakan belum profesional hehehe.

Bicara soal SNI mungkin diantara kita belum tahu apa itu SNI dan bagaimana penerapannya. SNI adalah adalah satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh BSN (Badan Standarisasi Nasional). Bagaimana penerapannya ? Penerapan SNI pada dasarnya bersifat sukarela, artinya kegiatan dan produk yang tidak memenuhi ketentuan SNI tidak dilarang. Namun untuk keperluan melindungi kepentingan umum, keamanan negara, perkembangan ekonomi nasional, dan pelestarian fungsi lingkungan hidup, pemerintah dapat saja memberlakukan SNI tertentu secara wajib. Pemberlakuan SNI wajib dilakukan melalui penerbitan regulasi teknis oleh instansi pemerintah yang memiliki kewenangan untuk meregulasi kegiatan dan peredaran produk (regulator). Dalam hal ini, kegiatan dan produk yang tidak memenuhi ketentuan SNI menjadi terlarang. Dengan demikian pemberlakuan SNI wajib perlu dilakukan secara berhati-hati untuk menghindarkan sejumlah dampak sebagai berikut:

(a) menghambat persaingan yang sehat
(b) menghambat inovasi
(c) menghambat perkembangan UKM.

Cara yang paling baik adalah membatasi penerapan SNI wajib bagi kegiatan atau produk yang memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi, sehingga pengaturan kegiatan dan peredaran produk mutlak diperlukan.
sumber

Demikian tadi penerapan (seharusnya) SNI yang menegaskan "wajib" diterapkan pada produk yang memiliki resiko cukup tinggi. Contohnya adalah produksi tabung gas tadi. Namun apa mau dikata ternyata belum diterapkan secara baik sehingga harus menimbulkan korban jiwa dan harta dulu baru ada tindakan oleh pihak terkait. Mungkin benar ada suatu ungkapan yang menyatakan jika "peraturan itu dibuat untuk dilanggar" hehehe. Semoga kedepannya lebih baik aja deh :).

Comments

  1. met malem ui
    tabung gas dengan SNI? emang selama ini bisa dipastikan belum terlaksana tuh, kelihatan banyak tabung gas yang meledak

    ReplyDelete
  2. Produk SNI apakah benar2 bisa menjamin kualitas produk untuk dikonsumsi masyarakat?sebelum di launching/dipasarkan, pemerintah harus benar2 cek quality dari produk agar tidak ada lagi korban/ kerugian yang terjadi di masyarakat kita insukses selalu dan saya tunggu kunjungannya di website saya.thx salam persahabatani.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts