Pengertian SISMINBAKUM

Saat ini lagi ramai tentang kontroversi kasus Sisminbakum yang melibatkan mantan menteri kehakiman dan seorang pengusaha. Sebuah kasus yang baru diangkat setelah sekian lama hmmm. Btw disini aku gak bahas masalah kasus tersebut cuma mau berbagi tentang pengertian Sisminbakum itu sendiri :).



Apakah SISMINBAKUM itu ? SISMINBAKUM singkatan dari Sistem Administrasi Badan Hukum merupakan sistem komputerisasi dalam proses pengesahan akta pendirian perseroan terbatas dan persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan terbatas. SISMINBAKUM adalah suatu bentuk pelayanan kepada masyarakat yang diberikan oleh Departemen Kehakiman Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia khususnya Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dalam memproses permohonan pengesahan akta pendirian dan permohonan persetujuan dan penerimaan/laporanperubahan anggaran dasar perseroan terbatas, yang dilakukan secara online yang dapat diakses oleh seluruh notaris di website Sisminbakum.



Bagaimana mekanisme pemberlakuan SISMINBAKUM ? Menurut Pasal 2 Keputusan Menteri Kehakiman Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor M-01.HT.01.01 TAHUN 2000 Tentang Pemberlakuan Sistem Administrasi Badan Hukum Di Direktorat Jenderal Hukum Umum Departemen Kehakiman Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, SISMINBAKUM diberlakukan pada :


1. Pengesahan akta pendirian atau persetujuan perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas
2. Permohonan lain yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum.



Manfaat SISMINBAKUM ? Manfaat dibentuknya SISMINBAKUM itu sendiri adalah:



  • Peningkatan layanan jasa hukum (pengesahan badan hukum) dari maksimal 60 (enampuluh) hari atau lebih menjadi paling lama 1 (satu) minggu dan paling cepat 3 (tiga) hari.
  • Dengan online sistem dapat dihindari frekuensi tatap muka antara penyedia jasa dan pemakai jasa, dan dapat ditekan seminimal mungkin terjadinya kolusi, dan nepotisme yang berakhir dengan suap dapat dihilangkan
  • Kualitas Sumber Daya Manusia di lingkungan Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia khususnya dilingkungan Direktorat Perdata semakin meningkat
  • Penggunaan teknologi tinggi dalam pelayanan jasa hukum memerlukan investasi yang cukup mahal sehingga sangatlah wajar jika peningkatan pelayanan jasa hukum tersebut diikuti dengan perubahan kenaikan tarif pelayanan di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dengan peningkatan pemasukan keuangan Negara tersebut maka diharapkan dapat meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan pegawai di lingkungan Direktorat Jendral Hukum dan Perundang-undangan
  • Dengan online sistem maka fungsi kontrol dan kendali dapatdilaksanakan tanpa memerlukan banyak tenaga melainkan cukup dengan sistem yang terkendali baik oleh Kasubdit, Direktur dan Dirjen dengan bantuan Notaris
  • Dengan online sistem yang memungkinkan akses publik baik di dalam negeri mapun di luar negeri ke dalam Home page Direktorat Jendral Hukum dan Perundang-undangan, maka Direktorat Jendral Hukum dan Perundang-undangan memasuki era tranparansi dalam dunia usaha yang dapat memberikan keuntungan timbal balik antara Notaris dengan Departemen Hukum dan Perundang-undangan.


Dengan demikian jelas sistem online bukan saja untuk meningkatkan pelayanan Notaris dalam pengesahan perseroan terbatas tetapi juga untukmembantu kinerja Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam mengadministrasi dan mengembangkan suatu penyimpanan data-data tentang perseroan terbatas agar lebih tertib administrasi dan lebih mudah untuk melakukan penelusuran data.



Efisiensi dan penghematan ruang dan waktu dalam sistem ini dibuat berdasarkan kebutuhan dan tuntutan yang berkembang dalam masyarakat dan kalangan pebisnis di Indonesia. Dengan sistem manual kendala waktu masih menjadi hal yang sangat memberatkan, karena seluruh prosedur dilakukan secara manual dan pengesahan terhadap suatu permohonan Perseroan Terbatas dapat memakan waktu berbulan-bulan lamanya dan bahkan sampai satu tahun.

Tingkat keakurasian dan pencermatan dalam proses manual tersebut tentulah mempunyai tingkatan yang sangat rendah, oleh karena itu SISMINBAKUM mencoba memberikan tingkat kecermatan yang tinggi karena dalam pekerjaannya dibantu oleh sistem komputerisasi dengan beberapa sistem pengkoreksian data secara otomatis yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku, sehingga menjamin Surat Keputusan tentang akta-akta Notaris dikeluarkan sesuai peraturan yang berlaku. Selain daripada itu SISMINBAKUM juga menciptakan sistem yang transparan, karena dalam website SISMINBAKUM dilengkapi dengan fasilitas atau fitur monitoring untuk memantau sudah sampai dimana proses pengesahan akta perseroan terbatas tersebut. sumber



Demikian tadi sedikit tentang pengertian, tujuan dan manfaat dari SISMINBAKUM. Semoga kasus yang terjadi mengenai ini dapat segera terungkap mana yang benar dan tidak serta tidak berlarut-larut. Semoga :).

Comments

  1. @Seiri : sama2 :)
    @FAnny : makanya sebenernya pingin tanya kamu soalnya dulu gak ngerti apa itu sisminbakum hehehehe

    ReplyDelete
  2. O...Jadi gitu ya kepanjangan nya..

    ReplyDelete
  3. O...Jadi gitu ya kepanjangan nya..

    ReplyDelete
  4. dilahap mb fanny neh... he
    maaf mas kemarin dilist gak ada, skarang dah dtambahin, oiya ge ga bisa apdete neh, ndak tahu kapan apdetenya lagi...

    ReplyDelete
  5. @Achen : lagi sibuk persiapan kawin ta? hehehe awas gak ngundang ye :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts