Konsistensi di dalam kehidupan

Dalam hidup ini ada kata yang selalu dihubungkan dengan kredibilitas seseorang. Kata itu adalah konsistensi. Apakah Konsistensi itu? Konsistensi adalah ketetapan dan kemantapan dalam bersikap atau bertindak, atau selalu sesuai antara perbuatan dengan ucapan.

Pertanyaannya adalah, sejauhmana kita sudah konsisten dengan ucapan atau janji kita pada diri sendiri atau orang lain ? disadari atau tidak akan banyak sekali ketidakkonsistenan yang telah kita lakukan :). Misal, kita memasang target akan belajar 2 jam sehari, atau tidak akan telat bangun pagi, kenyataannya bisa jauh diluar target bahkan tidak sama sekali :).

Memang tidak mudah konsisten dengan apa yang kita rencanakan atau inginkan, apalagi faktor "nafsu", "keinginan" selalu menjadi penghambat utama. Contohnya saja melaksanakan puasa di bulan ramadhan ini, sejak sahur kita sudah berniat untuk berpuasa dari fajar hingga terbenam matahari, sejak itu kita harus bisa konsisten dengan niat itu, sulit apalagi ini selama satu bulan penuh. Tapi bila kita menjalankannya dengan tulus, Insya Allah kita bisa konsisten dan merasakan "nikmat" yang luar biasa. Subhanallah!.

Itulah anugerah bagi kita umat muslim, seharusnya dengan berpuasa ini, kita bisa lebih baik dari sebelumnya, minimal bisa lebih konsisten dengan apa yang kita ucapkan apalagi jika itu berupa janji!. Yang menjadi pejabat bisa lebih konsisten memegang dan menjalankan amanat, yang menjadi wakil rakyat bisa konsisten menjalankan janji-janjinya, yang menjadi pelajar bisa lebih fokus belajar sebagai kewajiban utamanya, dan sebagainya. So tunggu apalagi, mumpung ini bulan ramadhan mari kita maksimalkan amal dan ilmu yang kita dapat dari berpuasa ini :). Semoga bermanfaat :).


Comments

  1. wah,,bener nih,, selama ini mungkin ane kurang konsisten dangan yg ane ucapkan,,namun berbanding terbalik dengan apa yg ane lakukan,, hmm,, betul banget nafsu memang penghambat utama,,, renungan buat ane ni sob,,makasih ya dah sharing,,happy blogging kawan :)

    ReplyDelete
  2. weeh,,,
    dalem banget,,,,
    ane jga sering ngerasa gtu sob,,,
    ketulusan susah di raih

    ReplyDelete
  3. memang susah menumbuhkan ke konsistenan, bahkan ukuran nya pun menurut saya tidak ada karna penilaian masing2 org berbeda,
    saya kesulitan untuk hal ini, semoga saja saya bisa...
    mari kita mulai...

    ReplyDelete
  4. Konsistensi ini yang konon dinilai oleh Tuhan, dan hal ini ternyata tidak mudah. Ya, butuh jihad untuk ini.

    ReplyDelete
  5. yups neh, mari kita tingkatkan kualitas kita...

    ReplyDelete
  6. doh, kalo soal konsistensi
    saya masih merasa sbaga orang yg sering tidak konsisten dgn diri sendiri
    musti banyak lebih belajar lagi
    :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts