Aug 2, 2010

Ormas (Fungsi & Tujuannya)

Kemarin terjadi peristiwa yang cukup memprihatinkan, ketika terjadi bentrokan antara Ormas dengan masyarakat umum. Peristiwa itu terjadi karena hal sepele, berawal dari pencabutan bendera salah satu ormas oleh seorang oknum masyarakat. Melihat kejadian itu tentu kita sangat menyayangkan di jaman reformasi ini masih ada sekelompok Ormas yang bersikap sewenang-wenang dan sok jagoan. Tentu sebagian kita melihat kejadian tersebut teringat saat jaman orde baru di mana ada beberapa Ormas yang terkesan seperti aparat keamanan dengan image "sekumpulan preman" hehehe.



Disini kita tidak mengangkat atau mencari siapa yang salah, tapi sekedar mengingatkan lagi tentang fungsi dan tujuan Ormas itu dibentuk. Apakah Ormas itu ? Ormas adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat Warganegara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama, dan kepercayaan terhadap Tuhan YME.



Apakah tujuan dibentuknya Ormas ? Ormas dibentuk untuk berperan serta dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan nasional dalam wadah NKRI yang berdasarkan Pancasila.



Apakah Fungsi Ormas ? Fungsi dari Ormas adalah sebagai wadah penyalur kegiatan sesuai kepentingan anggotanya, pembinaan dan pengembangan anggotanya, peran serta dalam usaha menyukseskan pembangunan nasional, sarana penyalur aspirasi anggota dan sarana komunikasi sosial diantara anggotanya atau sesama ormas atau dengan organisasi kekuatan sosial politik atau Pemerintah atau dengan yang lainnya. (Sumber : UU No. 8 tahun 1985).



Nah dari fungsi dan tujuan tersebut kita dapat menilai apa sebenarnya atau seharusnya yang menjadi fungsi dari suatu Ormas dibentuk. So sikap sok jagoan, bertindak brutal bahkan merusak dan menyakiti orang lain bukan ciri dari suatu Ormas :). Tapi kenapa kenyataannya ada beberapa Ormas yang melenceng jauh dari fungsi dan tujuannya ? apakah Ormasnya atau oknum anggotanya yang salah ? Dan apakah selama ini ada tim khusus dari pemerintah untuk mengawasi, mengontrol serta menyeleksi dengan ketat pemberian ijin pembentukan suatu ormas ? Entahlah :).

Artikel Terkait politik ,sosial

7 comments:

  1. Hlah itu yang salah kan yang ngasih ijin berdirinya ormas itu, Hla wong diproposal itu sudah ditulis Orang orang bermasalah kok, ee dimasukkan dalam ormas... he he he

    ReplyDelete
  2. jangankan yang ormas dan ketahuan anggotanya dari klompok mana, anggota dewan yang konon terhormat saja tawuran.

    ReplyDelete
  3. informative niy..
    ormas akhirnya koq jadi egative di pikiran saya ya

    ReplyDelete
  4. sepertinya PEMERINTAH hrus menyeleksi ulang kbradaan ormas...krna slama ini selalu ada bentrok yang meresahkan warga lainnya.
    Salam Perdamaian

    ReplyDelete
  5. klo pendapat saya mungkin kurang pahamnya pungsi dan tujuan suatau ormas oleh anggota2 lain, ketuanya harus berperan antif dunk,,,,heheheh

    ReplyDelete