Perampokan Di Bulan Ramadhan (Not just a movie)

Pad hari rabu siang kemarin terjadi perampokan di Bank CIMB Niaga Medan, Sumatra Utara. Perampokan dilakukan oleh 16 orang dan tanpa basa-basi menembak seorang polisi hingga tewas dan melukai dua orang satpam Bank tersebut. Mereka berhasil membawa uang ratusan juta rupiah. Melihat peristiwa mengenaskan tersebut jadi teringat pilem-pilem laga, apa mungkin mereka terinspirasi pilem-pilem tersebut ???

Yang lebih parah lagi perampokan berdarah tersebut terjadi di bulan suci ramadhan dan pasca peringatan hari kemerdekaan negeri tercinta ini. Memang "kejahatan" bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Dan peristiwa perampokan pada bulan ini sudah terjadi beberapa kali tidak hanya di medan, tapi juga di Jakarta, bandung dan semarang (Perampokan toko emas) dengan jumlah perampok yang lebih dari 10 orang.

Kalau melihat pilem cowboy jaman dulu, perampok bank bisa bebas berkeliaran karena mereka punya "senjata api" dan jago tembak pula serta terdiri dari sekelompok orang cowboy dengan kuda yang kuat dan cepat. Begitu juga dengan perampok modern di pilem action, lebih "sangar" lagi dengan senjata otomatis, bom dan peralatan canggih serta mobil atau motor yang "ngacir". Dari situ dapat diambil kesimpulan sederhana, bahwa perampokan itu bisa terjadi karena didukung faktor kuantitas pelaku (terorganisir) , "senjata api" serta kelengkapan peralatan yang mereka miliki.

Pertanyaannya, darimana para perampok-perampok tersebut bisa mempunyai senjata api ? Pertanyaan ini termasuk retoris hehe, karena jaman sekarang apa sih yang gak bisa. Contohnya saja di suatu daerah di Sumatera, dimana perampok disana "kebanyakan" dilengkapi senjata api rakitan, bahkan ada cerita dari masyarakat sana. ketika merampok mereka tidak masuk dengan kasar tapi seperti tamu biasa dengan mengucap salam dan setelah dibukakan pintu, dengan "coolnya" menodongkan pistol pada si empunya rumah :). Tapi banyak juga yang sadis tanpa basa-basi langsung menembak korbannya.

Melihat peristiwa dan cerita diatas, artinya bisa dikatakan salah satu "kekuatan" dan "keberanian" orang hingga melakukan perampokan adalah faktor kepemilikan "senjata api". Selain itu kelompok mereka sudah terorganisir dengan baik, artinya tidak asal merampok tapi sudah diperhitungkan secara matang. So ini jelas tugas berat bagi Polisi untuk memberantasnya.

Apa penyebab orang merampok ? Nah kalau ditanya soal ini akan banyak sekali jawabannya hehe. Jawaban klasik tentu karena "butuh duit". Bisa juga karena tidak ada kerjaan lain. Tapi bisa juga karena terinspirasi "Robin Hood" yang merampok orang-orang kaya dan hasilnya dibagikan kepada orang-orang miskin hahaha. Apapun itu alasannya yang jelas merampok atau merampas hak milik orang lain itu tidak benar!!! apalagi sampai merenggut nyawa orang lain!!!. Mungkin tidak perlu berbicara tentang dosa pada mereka para perampok, karena mereka pastinya bukan orang-orang bodoh yang tidak tahu agama :).

So bagaimana menyikapi agar kita terhindar dari perampokan ? Wallahu 'alam bissawab, hanya Tuhan yang tahu :). Paling tidak banyak-banyaklah berdoa agar kita terhindar dari itu, dan mendoakan agar para polisi kita selalu dilindungi dan diberikan kekuatan "lebih" agar bisa menang dan berhasil membasmi para perampok keji tersebut, selain itu tidak salah juga mendoakan para perampok tersebut agar mendapat hidayah dari Tuhan hingga menyadari kesalahannya...amiiiin.

Comments

  1. dari beberapa kasus perampokan pada beberapa bank dalam 3 tahun terakhir yang terjadi di Medan, sepertinya kelompok seperti ini sangat terorganisir dan mungkin saja motif dibalik perampokan ini lebih dari sekedar alasan ekonomi belaka...

    ReplyDelete
  2. persoalannya bahwa ekonomi yang semakin menuntut dan mental masyarakat yg santai

    ReplyDelete
  3. Pagi tadi, ada perampokan lagi. Bahkan serempak di berbagai kota. Perampokan toko emas. Wah, situasi sudah semakin aneh rasanya.

    ReplyDelete
  4. memang ini untuk kita renungkan..
    :'(
    semakin terpuruk moral bangsa ini..
    :(

    ReplyDelete
  5. Kejahatan makin merajalela... menyedihkan sekali.

    ReplyDelete
  6. Ayoooo semangat pak polisiiii Basmi kejahatan!

    wah itu rampok ngga tau dosa yah? yaudah semoga segera sadar dan rampokannya disumbangin ke panti asuhan aja

    ReplyDelete
  7. Duuuh, moga cerahlah esok hari...

    ReplyDelete
  8. kalo perampoknya kek robin hood ndak apaapa kali ya... heeheh

    ReplyDelete
  9. wah,,, semoga hal ni tak terjadi lagi ya kawan,, nice post,,, happy blogging.. salam kenal :)

    ReplyDelete
  10. ini yang kerekam itu kn bro?
    wah2
    makin reot aja ini
    bpuasaan tapi maksiat tetep jalan
    ada2 gajah ini

    ReplyDelete
  11. sangat mungkin aksi semacam ini menyebar ke seantero negri. negri ini makin menakutkan saja.

    ReplyDelete
  12. @All : moga segera tobat tuh para perampok :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts