Efektifitas Blogger (Hasil Riset Burston-Marsteller)

Ada berita menarik buat para Blogger, dimana ada riset terbaru yang dilakukan agensi kehumasan dan strategi komunikasi internasional, , hasil riset tersebut menunjukkan tingkat kesenjangan pesan perusahaan yang disampaikan para blogger, lebih tinggi daripada tingkat kesenjangan pesan yang disampaikan media tradisional. Kesenjangan antara pesan tersampaikan perusahaan dan yang ditulis oleh blogger di Asia-Pasifik, lebih besar yakni mencapai 63 persen. Sementara, kesenjangan antara pesan perusahaan dengan pemberitaan media tradisional di Asia-Pasifik, mencapai angka 58 persen.

Yang dimaksud media tradisional dalam hal ini adalah media-media yang menganut standar jurnalistik pada karya-karya tulisannya. Jadi, tak hanya terbatas pada media cetak seperti koran atau majalah, melainkan juga media apapun yang menerapkan struktur newsroom 'tradisional', termasuk media online.

Menurut Steve Bowen, Managing Director Brand Marketing and Training, Burston-Marsteller, hasil studi itu menunjukkan bahwa media tradisional lebih banyak menyampaikan pesan dari rilis pers yang dibuat sebuah perusahaan. Media tradisional juga lebih menyajikan fakta daripada para blogger.

Bowen juga menjelaskan, tulisan para blogger biasanya lebih dalam ketimbang tulisan para jurnalis, ketika membahas sebuah topik yang menarik bagi mereka. Blogger akan menyertakan opini bebas mereka, pengalaman pribadi, pengetahuan tentang produk dan kompetitornya, maupun spekulasi, sehingga kesenjangan pesan perusahaan akan semakin besar. sumber

Dari riset tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara tulisan para blogger dengan media tradisional, disini bukan bicara perbedaan dari segi kualitas tulisan tapi tulisan para blogger lebih bisa "berpengaruh" pada para pembacanya artinya lebih efektif. Bisa jadi ini semua karena tulisan para blogger lebih "jujur" daripada media tradisional :). So riset ini tentunya menambah semangat kita para blogger untuk terus aktif dalam menyajikan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan "apa adanya" hehe.

Comments

  1. perbedaan dari segi kualitas tulisan
    emang penting
    hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts