Kopi Kalosi (Asli Enrekang)

Aku adalah penggemar kopi, namun baru tahu ada jenis kopi Kalosi hehe, kopi yang konon mempunyai aroma dan cita rasa khas serta diyakini sebagai salah satu kopi terbaik di dunia, yang merupakan salah satu komoditi unggulan Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Kopi kalosi adalah kopi jenis Arabica typica yang hanya bisa dibudidayakan pada daerah ketinggian 1.500 di atas permukaan laut, yang merupakan kopi langka dan tertua di dunia. Nah di Indonesia, jenis kopi ini hanya bisa tumbuh di Kabupaten Enrekang.



Sejak beberapa tahun silam, kopi Kalosi sudah terkenal bahkan diekspor hingga ke luar negeri dengan harga tinggi, seperti ke Jerman, Jepang dan Amerika. Kopi ini disukai di luar negeri karena rasa dan aromanya yang khas.



Bagaimana sejarah pengembangan kopi kalosi di Enrekang ? Pengembangan kopi Arabica typica di Enrekang dilakukan sejak masa penjajahan Belanda. Pada masa itu, di antara tahun 1725 sampai 1780, Pemerintah Belanda melalui VOC memonopoli perdagangan kopi dunia. Mereka melakukan penanaman kopi di daerah sekitar Batavia (Jakarta), Sukabumi, Bogor, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Selanjutnya, mereka melebarkan sayap dengan menanam kopi di luar Pulau Jawa, seperti di Sulawesi, Sumatera dan Bali. Di Sulawesi, tepatnya di wilayah Kabupaten Enrekang saat ini, penanaman kopi Arabica typica mulai ditanam tahun 1750. Dengan menerapkan sistem tanam paksa (cultuurstelsel), VOC menangguk keuntungan besar dari perdagangan kopi tersebut.



Sayangnya, perkebunan kopi Arabica typica tersebut sebagian besar hancur saat penyakit daun kopi menyerang Indonesia. Sehingga, kopi jenis ini sempat hilang di pasaran dan dianggap punah. “Namun, dua tahun lalu, di beberapa wilayah di Kabupaten Enrekang masih ditemukan beberapa pohon kopi Arabica typica. Saat ini, tercatat hanya ada sekira 13.200 pohon kopi Arabica typica yang tersebar di 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Bungin, Buntubatu, Masalle, Baraka dan Baroko. sumber



Nah demikian tadi sedikit sejarah tentang kopi kalosi, memang kopi ini lebih dikenal diluar negeri, dan untuk di Indonesia sendiri kopi ini masih kalah pamor dengan kopi luwak, kopi bali, atau kopi toraja. Selain itu mungkin pemasarannya khusus di Indonesia masih terbatas karena kelangkaannya :). Semoga bermanfaat.

Comments

  1. kopi ini belum pernah saya coba. terima kasih bung untuk informasinya. akan dicoba nantinya

    ReplyDelete
  2. saya kalo ngopi tinggal beli di warung, jadi nggak paham beginian

    ReplyDelete
  3. Tumben saya denger......Thx infonya
    nyari kopinya kejauhan..produk lokal lebih enak gan

    ReplyDelete
  4. Saya tahu istilah kalosi asli sulsel gara-gara di Makassar saya sering makan di kafe Kalosi.. hanya saja emang belon berkesempatan nyicip kopinya.. *saya penggemar kopi juga loh*..
    kopi instan.. hehehe

    ReplyDelete
  5. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    ReplyDelete
  6. aku nggak ngopi
    tapi kalo ke Enrekang pernah

    ^^

    ReplyDelete
  7. Kopi Enrekang adalah kopi terenak yang pernah aku minum..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts