Sep 7, 2010

Manfaat dan Pengertian PNPM Mandiri

Mungkin kita semua sudah tahu tentang program pemerintah untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di negeri tercinta ini, program tersebut adalah PNPM Mandiri. Apakah PNPM Mandiri itu? PNPM Mandiri adalah singkatan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja.



Program PNPM Mandiri adalah upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi. Melalui proses pembangunan partisipatif, kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat, terutama masyarakat miskin, dapat dapat ditumbuhkembangkan sehingga mereka bukan sebagai obyek melainkan sebagai subyek upaya penanggulangan kemiskinan.



Bagaimana awal mula program ini berjalan ? Pelaksanaan PNPM Mandiri berawal tahun 2007 dimulai dengan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) sebagai dasar pengembangan pemberdayaan masyarakat di perdesaan beserta program pendukungnya seperti PNPM Generasi, Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) sebagai dasar bagi pengembangan pemberdayaan masyarakat di perkotaan, dan Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Khusus (P2DTK) untuk pengembangan daerah tertinggal, pasca bencana, dan konflik.



Mulai tahun 2008 PNPM Mandiri diperluas dengan melibatkan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) untuk mengintegrasikan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dengan daerah sekitarnya. PNPM Mandiri diperkuat dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh berbagai departemen/sektor dan pemerintah daerah. Pelaksanaan PNPM Mandiri 2008 juga akan diprioritaskan pada desa-desa tertinggal.



Berapa lama pelaksanaan program ini ? Mengingat proses pemberdayaan pada umumnya membutuhkan waktu 5-6 tahun, maka PNPM Mandiri akan dilaksanakan sekurang-kurangnya hingga tahun 2015. Hal ini sejalan dengan target waktu pencapaian tujuan pembangunan milenium atau Millennium Development Goals (MDGs). Pelaksanaan PNPM Mandiri yang berdasar pada indikator-indikator keberhasilan yang terukur akan membantu Indonesia mewujudkan pencapaian target-target MDGs tersebut.



Apa saja metode pelaksanaan yang diterapkan dalam mencapai tujuan ?

  • Menggunakan kecamatan sebagai lokus program untuk mengharmonisasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program.
  • Memposisikan masyarakat sebagai penentu/pengambil kebijakan dan pelaku utama pembangunan pada tingkat lokal.
  • Mengutamakan nilai-nilai universal dan budaya lokal dalam proses pembangunan partisipatif.
  • Menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik sosial, budaya dan geografis.
  • Melalui proses pemberdayaan yang terdiri dari atas pembelajaran, kemandirian dan keberlanjutan. sumber

Demikian tadi beberapa pengertian dan tujuan dari program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri. Namun yang menjadi pertanyaan adalah sejauhmana program ini dikenal baik dan dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan? Nah menurutku ini tugas dari pelaksana program ini, karena informasi dan aplikasi dari program ini masih jauh yang diharapkan, artinya belum banyak dapat dirasakan oleh masyarakat yang "betul-betul" membutuhkan. Semoga semakin baik kedepannya.

#untuk info selengkapnya bisa dilihat di Pedoman PNPM Mandiri

Artikel Terkait public service ,sosial

9 comments:

  1. sangat banyak memang manfaat dari PNPM tsb...kalo ga salah jamannya soeharto jg ada program begini yg memberdayakan dan memberi manfaat langsung ke masyarakat.

    ReplyDelete
  2. sejauhmana program ini dikenal baik dan bermanfaat itu pokoknya, saya aja baru tahu.
    hihihi

    ReplyDelete
  3. @M. Aviv : ya itu dia intinya hehehe

    ReplyDelete
  4. aku gak paham program beginian
    hehehe

    ReplyDelete
  5. berharaplah agar program ini dapat bermanfaat. tidak hanya sebatas wacana

    ReplyDelete
  6. salam sikompak, sangat bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  7. mau numpang tanya, apa perbaikan selokan bisa pake budget pnpm?

    ReplyDelete
  8. untuk pengaduannya kemana ya blogger? semoga berkenan utk dijawab :)

    ReplyDelete