Strategi Menjalankan Puasa (SMP)

Bagaimana strategi menjalankan puasa (SMP) yang baik? kalau bicara tentang strategi mungkin sebagian kita menyamakan artinya dengan kiat atau tips, tapi disini kita bicara bagaimana cara yang tepat agar puasa kita sempurna, sempurna berdasarkan ukuran kita sebagai manusia tentunya :).

Seperti halnya strategi perang maka dalam strategi berpuasa juga harus mengenal siapa "musuh" kita :). Dan musuh kita itu adalah "nafsu". Baik itu nafsu amarah, seks,makan dan sebagainya. Untuk menghadapi musuh tersebut ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, terutama pada pribadi kita sendiri. Artinya sejauhmana kita mengenal kelebihan dan kekurangan kita. Terutama kekurangan yang kita miliki, seperti mudah marah, gampang tergoda, tidak sabaran dan lain-lain.

Nah kalau kita sudah tahu "musuh" yang akan kita hadapi, akan lebih mudah bagi kita menerapkan strategi yang tepat untuk menghadapinya :). Selain itu tentu yang dibutuhkan adalah konsistensi kita dalam menerapkan atau menjalankan strategi tersebut. Tidak mudah memang namun harus kita coba agar puasa kita tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar. Semoga.

Comments

  1. strategi segala ya! kalo saya nggak kepikiran soal strategi, niat aja cukup kayaknya.

    ReplyDelete
  2. mmhh kalo mau puasa jg mesti ada strateginya ya.. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts