Juara Dunia MotoGP 2010

Hari ini tanggal 10-10-2010 pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo, memastikan merebut gelar juara MotoGP 2010 setelah finis di urutan ketiga di Sirkuit Sepang Malaysia. Memang pembalap Yamaha ini hanya butuh berada di 10 besar untuk menjamin gelar dengan masih menyisakan tiga balapan lagi setelah Malaysia ini. So jadi sebenarnya bukan hal yang mengejutkan atau "hebat" hehe.



Hasil lomba kali ini juara pertamanya adalah Valentino Rossi yang "kembali" menunjukkan kesaktiannya dalam membalap sebagai "The Doctor"nya balap motoGP :). Urutan kedua berhasil diraih oleh Andrea Diviozo yang hari ini "tumben" menunjukkan kengototan hingga berhasil mendahului Lorenzo.



Menurut pengamatanku "keberhasilan" Jorge Lorenzo menjadi juara dunia 2010 ini tak lepas dari beberapa faktor, yaitu :

  • Konsistensi (jarang jatuh, dan selalu merebut pole position)
  • Valentino Rossi cedera hingga sempat absen di tiga seri (Kaki patah, bahu cedera)
  • Pedrosa lambat panas n absen di dua seri terakhir karena cedera (tulang paha retak)
  • Stoner telat menemukan performa terbaiknya

Nah jadi kesimpulannya Lorenzo tahun ini bisa juara karena faktor keberuntungan saja hehe walaupun secara mental dia lebih baik dari musim lalu. Nasib beliau ini sama persis dengan Stoner ( juara dunia GP2007) dan Hayden (juara dunia GP2006) yang bisa juara juga karena "faktor keberuntungan" :). Lihat saja musim depan, aku yakin nasib dia akan sama seperti dua mantan juara tersebut.



Ada satu lagi fenomena pembalap-pembalap muda saat ini, dimana mereka juara bukan karena adu skill antar dua pembalap tapi lebih banyak karena siapa yang duluan di depan dan bisa menjaga jarak dengan lawan dibelakangnya. Makanya ketika Rossi absen atau membalap dengan kondisi cedera, bisa dipastikan lomba jadi kurang menarik untuk ditonton :). Memang pembalap berbakat seperti Valentino Rossi jarang ada. Semoga nanti setelah Rossi pensiun akan ada penggantinya sehingga menonton MotoGP akan tetap menarik dan menegangkan..amiin.

Comments

  1. aku dulu waktu kecil suka ini, tapi sekarang males

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts