Kecelakaan Kereta Api di Indonesia (De javu)

Kemarin terjadi lagi peristiwa kecelakaan kereta api. Dimana kereta Argo anggrek menabrak dari belakang kereta senja utama yang lagi berhenti. Jumlah korban tewas sampai saat ini adalah sebanyak 30 orang. Peristiwa kecelakaan kereta api ini bukan untuk yang pertama kalinya di negeri tercinta ini.

Apa saja penyebab terbesar kecelakaan kereta api selama ini ? Berdasarkan data statistik dari http://perkeretaapian.dephub.go.id/ pada tahun 2008 dapat dilihat penyebab terbesar terjadinya kecelakaan kereta api di Indonesia :


dari grafik tersebut terlihat penyebab kecelakaan terbesar karena adanya kesalahan dari SDM operator sebesar 35 %. Selain itu ada data jenis kecelakaan kereta api dari tahun 2004-2008 sebagai berikut :


Dari tabel diatas terlihat bahwa kecelakaan kereta api yang terjadi dari rentang 2004-2008 kebanyakan disebabkan oleh rel yang anjlog. Dari dua jenis data diatas dapat disimpulkan jika kesalahan banyak terjadi karena faktor sarana (rel) yang sudah tidak layak atau dirusak oleh tangan-tangan jahil dan SDM yang lalai. Namun terlepas dari siapa yang salah, yang patut dipertanyakan kenapa "terlalu sering" kesalahan itu terjadi ? Padahal sejak resmi menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada tanggal 1 juni 99, "seharusnya" manajemen yang dimiliki lebih baik :).



Tapi yah sudahlah, tulisan ini bukan mau mengkritik atau mengorek kesalahan :). So kita berdoa saja bersama agar tidak terjadi lagi kecelakaan kereta api akibat kesalahan yang sama..amiin.

Comments

Post a Comment

Popular Posts