Pengembangan teknologi bagi UKM

RI dan Amerika Serikat sepakat untuk bekerja sama mengembangkan teknologi untuk pelaku UKM di Indonesia. Hal itu dilakukan karena AS memiliki keunggulan teknologi yang lebih maju ketimbang negara APEC lain. Dan dengan kesepakatan itu, Indonesia diharapkan mampu mengambil peluang menyerap teknologi maju untuk mendukung perkembangan UKM di tanah air. Selain itu di Indonesia, terdapat jutaan pengusaha kecil dan menengah yang umumnya memiliki keterbatasan penguasaan teknologi. sumber



Berita diatas menunjukkan "keseriusan" pemerintah dalam mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) di negeri tercinta ini. Namun yang jadi persoalan apa hal itu bisa mengatasi masalah terbesar bagi UKM selama ini ? seperti yang kita ketahui masalah yang terbesar itu adalah "permodalan". So apakah kerjasama diatas bisa mengatasi masalah modal ? tentu tidak :). Yang jelas kerjasama itu memang akan sangat menguntungkan bagi UKM-UKM yang telah berjalan.



Bukan berarti kita tidak setuju dengan kerjasama itu, tapi yang lebih dibutuhkan para pengusaha kecil adalah modal yang "tidak terbatas" (tidak terbatas dalam persyaratan udan kemudahan dalam mengurus permodalan). Selain itu mereka juga lebih butuh bimbingan dalam pengembangan usahanya terutama dalam penetrasi pasar. Menurutku masalah teknologi bisa dipelajari sambil jalan, karena walaupun teknologinya maju tanpa modal yang mumpuni dan "kemampuan" SDM yang terlatih akan sia-sia saja.



Yah semoga kedepannya lebih baik, dan semoga program tersebut manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh pelaku UKM dengan maksimal. Semoga :).

Comments

  1. wah keren tuh, UKM memang perlu mendapatkan perhatian khusus ....

    ReplyDelete
  2. modal usaha memang hal yg sangat penting,tp bukan brarti teknologi terlupakan.
    ga smua teknologi harus dibayar mahal,contohnya http://actone.midas-solusi.com
    salah satu software aplikasi untuk accounting system, berguna bgt untuk usaha menengah atau kecil.
    dengan aplikasi yg lengkap dan harga terjangkau,para para pengusaha ga perlu repot untuk melihat stock barang, sales order,dsnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts