Penjara di Indonesia

Penjara menurut kamus bahasa Indonesia artinya bangunan tempat mengurung orang hukuman. Intinya penjara secara harfiah adalah kurungan untuk menghukum orang-orang yang (seharusnya) telah terbukti bersalah secara hukum :).

Di Indonesia pada umumnya pembagian kategori dari penjara ada dua yaitu Lapas dan Rutan. Apa perbedaan antara Lapas dengan Rutan ? (sumber : yahoo.answer)
1.Lapas atau Lembaga Pemasyarakatan adalah tempat memenjarakan orang yang telah terbukti bersalah secara hukum, mereka disebut narapidana (napi).
2. Rutan atau Rumah Tahanan Negara adalah tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang Pengadilan di Indonesia.

Tapi kenapa penjara sekarang (kesannya) tidak seseram penjara di jaman dulu ? sebenarnya tidak juga, kesan itu ada karena kita melihat para terdakwa kasus korupsi terlihat "nyaman" walaupun dipenjara hehehe. Kenyamanan itu hanya dirasakan oleh para napi yang "kaya" atau "terkenal" walaupun yang namanya di penjara pasti tetap tidak enak :).

Kalau kita melihat para penghuni lapas yang dipenjara karena kasus diluar korupsi tentu kita tidak bisa menyimpulkan jika penjara dulu berbeda dengan yang sekarang. Masih banyak terjadi kasus-kasus pembunuhan yang dilakukan oleh para napi itu sendiri, ada yang gantung diri di selnya, di siksa oleh sesama napi dan sebagainya. Artinya kondisi lapas untuk mereka itu sama seperti apa yang kita lihat di pilem-pilem tipi hehehe.

Seandainya semua penjara seketat penjara Azkaban di pilem Harry Potter mungkin gak ada orang yang mau melakukan kejahatan hehe, paling tidak terjadi penurunan secara signifikan jumlah penjahat yang "lagi-lagi" masuk bui karena tetap mengulangi perbuatannya :).

Kayaknya penjara seperti itu hanya di negeri dongeng ya, walaupun di dunia nyata ini ada penjara-penjara hebat seperti penjara ADX di Colorado, dimana tahanan hanya dibolehkan keluar dari sel selama 9 jam setiap minggu dan jarang berinteraksi dengan orang-orang. Hanya sedikit sinar matahari dan harus melakukan segalanya di dalam sel. Atau penjara militer Tadmor, Syria yang menyiksa para tahanan dengan cara luar binasa keji.

Tapi sistem penjara yang kejam dan diluar batas kemanusiaan tersebut, tentu bukan solusi yang baik juga. Penerapan penjara sebagai suatu "lembaga permasyarakatan" itu sudah sangat tepat sekali sebagaimana ditegaskan dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan bahwa pembinaan di LAPAS ditekankan pada kegiatan pembinaan kepribadian dan kegiatan pembinaan kemandirian. Pembinaan kepribadian diarahkan pada pembinaan mental dan watak agar bertanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Sedangkan pembinaan kemandirian diarahkan pada pembinaan bakat dan keterampilan agar Warga Binaan Pemasyarakatan dapat kembali berperan sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab.

Sayangnya, sekali lagi penerapannya yang tidak sesuai dengan konsep. Seperti para pengamat bilang kalau negeri kita ini punya "konsep" yang sangat bagus dalam segala hal, tapi implementasinya yang "amburadul". Yah bisa dikatakan "omong doang" atau "teori doang" hehe.

Jadi siapakah yang salah? yah tentu saja pemimpinnya :). Tapi kan pemimpin dipilih oleh rakyatnya, jadi yang salah seharusnya rakyat yang telah memilihnya? Tidak juga, karena rakyat memilih berdasarkan apa yang seorang calon pemimpin janjikan dalam kampanyenya :). Semoga bermanfaat :).

Comments

  1. nambah neh,,,salah satu perbedaanya mungkin kalo si miskin masuk penjara di gebukin ma sipir,,,tapi kalo yg berduit wow istimewa banget perlakuannya.....

    ReplyDelete
  2. konsep satu2 penjara berbeda2 di setiap negara.

    ReplyDelete
  3. tapi sebagus apapun penjara nya, tetap saja tidak dpt menggantikan kebahagian manusia yang hidup bebas di luar penjara! ga percaya? coba saja sekali2 tinggal di penjara! he...

    ReplyDelete
  4. gw setuju aga penjara dibuat kayak di film harpot. Penjara harus bikin orang takut untuk masuk ke sana. Jangan sampe menciptakan residivis-residivis.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts