Call by Operator

Bayangkan seandainya sistem telekomunikasi sekarang dikembalikan seperti jaman dulu, dimana setiap mau telepon harus lewat operator kecuali nomor-nomor penting seperti rumah sakit, pemadam kebakaran, dan polisi, apakah ada dampak positifnya? Mungkin ada, antara lain :
  • Mengurangi pengangguran (karena butuh banyak tenaga operator)
  • Mencegah telepon dari penelepon gelap
  • Mencegah kasus suap lewat telepon
  • Mencegah perselingkuhan
  • Mencegah penipuan by phone
  • Mencegah penelepon pakai private number
  • Memudahkan pelacakan telepon rahasia yang dilakukan oleh penjahat/koruptor
  • etc
Bagaimana dampak negatifnya? yang jelas menelepon jadi ribet karena harus selalu lewat operator hehehe. Selain itu tidak efektif dan efisien karena di jaman serba instant sekarang ini semua orang harus melakukan segala sesuatu dengan cepat. Satu lagi fungsi HP berubah hanya dipakai untuk internetan dan kamera saja :).

Pemikiran diatas hanya tulisan iseng dari hasil obrolan dengan teman, tapi seru juga kalau dibikin kayak gitu hehehe, gak kebayang betapa sibuknya para operator menerima ribuan telepon setiap hari :). Namun mungkin call by operator bagus juga diterapkan khusus untuk para pejabat, hakim, jaksa, pengacara, petugas pajak, anggota DPR dan sebagainya. Sehingga lebih mudah mengawasi kinerja mereka agar tidak bisa memanfaatkan telepon untuk hal-hal yang berbau "kecurangan" seperti kasus suap dan sebagainya :).

Comments

  1. hape buat internetan aja masih bagus, hape cuma buat bandul kalung bisa jadi.

    ReplyDelete
  2. waduh malah minta balik ke jaman dulu toh. hehee..

    ReplyDelete
  3. kalo saya mah gak ngaruh .. karena saya pengguna jasa SMS saja .. hehehehe .. setuju kalo buat para hakim dan pejabat negara ..biar transparasi kalo telpon²an ..

    ReplyDelete
  4. saya suka konsep call operator 911 di amerika

    hal tersebut belum dapat berjalan di indonesia, sayang sekali

    ReplyDelete
  5. repot banget pastinya.. enggak bakal beli provider yang kayak gitu ah.. lamaaa.

    ReplyDelete
  6. Kadang menjadi dilema. Tapi memang setiap perubahan memiliki konsekuensi. Entah itu negatif atau positif. Tinggal kita saja, apakah bisa bijaksana saja menghadapi perubahan itu

    ReplyDelete
  7. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ——
    Tap sulit mas diterapakn di indoesia..butuh usaha keras..

    hemh..

    Oh ya sudah pernah coba telp 911 di Indo?

    Lama ngangkatnya..
    sampe seharian belum tentu diangkat...
    ——

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد – صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    ReplyDelete
  8. saya malah kangen jaman pake PAGER dulu itu! lucu dan seru! kalo mo sampaikan salam mesra buat pasangan atau mungkin marah2 sama teman..harus lewat operator! walhasil rasa 'mesra' atau 'marah' nya jadi basi! hehe..

    ReplyDelete
  9. yang jelas sih gak ada gangguan sms spammer. =P

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts