Indo vs Malay (AFF Suzuki Cup 2010)

Semalam Indonesia berjaya mengalahkan Malaysia, gak tanggung-tanggung "hanya" 5 - 1 saja :). Beberapa pendapat dari orang Malay menanggapi kekalahan mereka karena beberapa alasan yaitu :

- Ada pemain naturalisasi di tim Indo
- Team Malay kemaren bukan tim utama

Melihat alasan yang mereka buat itu, satu sisi itu hal normal dilakukan oleh orang-orang yang kalah hehe. Namun sisi lain mungkin untuk alasan pertama bisa jadi benar karena berkat adanya Gonzales dan Irfan (diakui atau tidak) permainan kita jadi lebih "hidup" :). Bukan berarti mendewakan kehadiran duo pemain tersebut tapi memang ada "warna" lain yang menghadirkan suatu "harapan" yang kembali ada setelah sekian lama terpuruk di pentas ajang Internasional.

Negeri kita ini memang belum pernah sekalipun menjuarai AFF ini, begitu juga dengan Malaysia oleh karena itu hasil pertandingan semalam belum berarti kita Hebat , karena secara kualitas tim kita masih setara dengan tim Malaysia. Kita lihat saja nanti hasil pertandingan ketika melawan Laos dan Thailand, apakah mental dan fisik tim kita akan menjadi luar biasa sehingga dapat membantai mereka secara telak :).

Mengenai terobosan adanya dua pemain naturalisasi, menurutku itu bukan menunjukkan jika negeri kita ingin secara "instant" berubah menjadi tim yang kuat, tapi itu salah satu usaha untuk "membangkitkan" harapan dan semangat, lihat saja bagaimana skill pemain lokal seperti Octo, Keceng, Firman Utina, Nasuha dan lainnya tidak kalah dengan pemain naturalisasi toh :). Sekali lagi tim sepakbola kita memang butuh "perubahan" seperti itu.

Semoga kemenangan semalam adalah awal "kembalinya" semangat juang dan ketahanan mental bak pejuang kemerdekaan, dan awal sejarah kebangkitan tim Indonesia untuk berprestasi "lagi" di pentas Asean lalu di tingkat Asia bahkan Dunia :). Amiiin.  Hidup Indonesia !!!!

Comments

  1. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ------

    YAh bagaimanapun juga semoga kemanangan Indo telak 5-1 kemarin sbg pijakan bagus untuk melawan Laos minggu depan pak..

    ^^

    Oh ya, ikut saran, Kotak Komentar ini Comment asnya gak ada pilihan URL. Sy jd bingung ngisinya...

    Hiks.hiks..site saya kan .co.cc


    ------

    صَلَّى اللّهُ عَلَى مُحَمَّد - صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم

    ReplyDelete
  2. iye nih pak, soalnye ada byk komeng yang pake anonim jadi ane batesi, tapi entar gue perbaiki deh :)

    ReplyDelete
  3. sayang sekali daku nggak nonton..
    tapi senag hatilah dengan kemenangan itu
    walaupn Indonesia pk outsourcing minta ampun..

    ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts