Madrasah (Riwayatmu kini)

Dulu madrasah masih menjadi alternatif para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya. Tapi sekarang madrasah sudah tidak terdengar lagi karena mungkin sudah kalah bersaing dengan sekolah-sekolah swasta atau negeri yang berstatus unggulan.

Entah ada berapa jumlah madrasah yang masih eksis sampai sekarang, rasanya sudah tidak ada lagi anak-anak yang bersekolah di madrasah. Apakah sudah dihapus ? rasanya tidak, paling tidak madrasah masih menjadi bagian dari pesantren-pesantren yang ada diseluruh Indonesia.

Bagaimana sejarah madrasah di Indonesia ? Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia relatif lebih muda dibanding pesantren. Lahir pada abad 20 dengan munculnya madrasah Manbaul Ulum Kerajaan Surakarta tahun 1905 dan Sekolah Adabiyah yang didirikan oleh Syekh Abdullah Ahmad di Sumatera Barat tahun 1909. (Source : journal.uii.ac.id)

Apa dasar didirikannya madrasah? Madrasah berdiri atas inisiatif dan realisasi dari pembaharuan sistem pendidikan Islam yang telah ada. Madrasah dan sekolah Islam di Indonesia selalu melakukan terobosan-terobosan guna mempertahankan eksitensinya . Pembaharuan tersebut meliputi tiga hal, yaitu: (1)Usaha menyempurnakan sistem pendidikan pesantren, (2) Penyesuaian dengan sistem pendidikan Barat, dan (3) Upaya menjembatani antara sistem pendidikan tradisional pesantren dan sistem pendidikan Barat. (source : journal.uii.ac.id)

Apakah undang-undang yang mengatur tentang madrasah ?(source : journal.uii.ac.id)
  • Tap MPRS No.2 Tahun 1960 ditegaskan bahwa madarasah adalah lembaga pendidikan otonom di bawah pengawasan Menteri Agama. Berdasarkan ketentuan ini, maka Departemen Agama menyelenggarakan pendidikan madrasah tidak saja yang bersifat keagamaan dan umum, tetapi juga yang bersifat kejuruan.
  • Secara yuridis, keberadaan madrasah dijamin oleh undang-undang SKB tiga menteri (menag, Mendikbud dan Mendagri) Tahun 1975 kedudukan madrasah sama dan sejajar dengan sekolah formal lainnya.
  • Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 1989 ditegaskan ulang bahwa madrasah adalah sekolah umum yang berciri khas agama Islam. Kurikulum yang digunakan pun secara umum mengacu kepada kurikulum Dinas dan ditambah kurikulum agama yang dikeluarkan oleh Depag.

Kenapa madrasah sekarang tidak sepopuler dulu? Selain kalah bersaing dengan sekolah negeri dan swasta, ketidakpopuleran ini juga dikarenakan kurangnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan dari kualitas pendidikan di madrasah. Bisa dikatakan madrasah sebagai anak tiri dan mungkin dianggap sebagai tanggung jawab penuh departemen agama. Padahal banyak orang-orang hebat dulu berasal dari sekolah di madrasah, entah kenapa sekarang "jasa" itu seperti dilupakan.

Comments

  1. harus ada generasi muda yng mempelopori suatu 'breaktrough' buat kemajuan

    ReplyDelete
  2. Jangan salah, justru sekarang trendnya banyak orang yg berbondong-bondong menyekolahkan anaknya ke madrasah. Terbukti PSB tahun kemarin Madrasah tempat saya mengajar tercatat 1381 pendaftar, padahal daya tampung kami hanya 400 siswa (reguler, akselerasi dan RMBI). Sebagian karena percaya selain memberikan ilmu umum madrasah juga memberikan ilmu agama yg lebih dari sekolah umum. Cek man3kediri.sch.id

    ReplyDelete
  3. @Ajeng : nah ini dia info yg aku cari :) syukurlah kalau gitu, tapi secara umum memang madrasah sudah bukan menjadi pilihan utama ataupun sebagai alternatif pilihan para orang tua terutama di kota-kota besar :)Btw sekali lagi tq masukannya :)

    ReplyDelete
  4. Saya alumni madrasah, dan rasanya di kampung saya madrasah masih berjalan oke, cuma kini madrasah atau sekolah umum rasanya tak ada bedanya. sama-sama tak bisa diharapkan.

    ReplyDelete
  5. setahu aku masih ada kok madrasah yg eksis

    contohnya di daerah saya ada madrasah pembangunan

    http://www.mpuin-jkt.sch.id/

    gedungnya mewah lho

    ReplyDelete
  6. mencari ilmu agama dan ilmu duniawi...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts