Menjadi Cendekiawan

Pernahkah kita bercita-cita menjadi cendekiawan ? mungkin hanya sedikit orang yang punya cita-cita seperti itu :). Apakah cendekiawan itu ? Menurut kamus bahasa Indonesia artinya ada dua, yaitu : 
  • orang cerdik pandai/intelek
  • orang yg memiliki sikap hidup yg terus-menerus meningkatkan kemampuan berpikirnya untuk dapat mengetahui atau memahami sesuatu
Berdasarkan sumber terkait, Intelektual atau Cendekiawan pada dasarnya merupakan bagian dari ilmuwan. Yang membedakan antara cendekiawan dengan ilmuwan terletak pada produk ragam masalah yang dihasilkan. Jika ilmuwan menghasilkan ilmu atas pemasalahan dan mencari tujuan praktis serta moralis yang sesuai dengan realisme. Sedangkan cendekiawan sebaliknya, ia menaruh perhatian yang tulus, mendalam dan luas terhadap masalah-masalah sosial-budaya masyarakat dimana ia berada.

Di sini perlu diberi penekanan terhadap kata ”tulus”, karena tidak semua orang yang menaruh perhatian terhadap masalah-masalah sosial-budaya masyarakat boleh dikategorikan sebagai intelektual atau cendekiawan. Ada ilmuwan yang bisa dikategorikan sebagai intelektul atau cendekiawan, tapi sebaliknya seorang intelektual atau cendekiawan tidak bisa dikategorikan sebagai ilmuwan.sumber

Tapi jika menilik arti yang kedua dari kamus bahasa Indonesia, berarti siapa saja yang terus belajar meningkatkan kemampuan berpikirnya dapat dikatakan sebagai cendekiawan. Intinya setiap orang yang rajin belajar adalah termasuk golongan cendekiawan :). Karena belajar adalah proses berpikir yang akan terus berkembang sesuai usaha yang dilakukan. Apakah benar begitu ?

Kalau menurutku bisa jadi benar, karena pada dasarnya setiap orang bisa menjadi cendekiawan. Masalahnya, cendekiawan bukan seperti gelar akademis yang bisa didapatkan dari hasil mendalami bidang studi tertentu atau karena berhasil menemukan suatu metoda baru. Artinya seseorang bisa disebut cendekiawan bila ada pengakuan secara tidak resmi dari golongan tertentu di dalam masyarakat.

Nah pertanyaanya siapakah golongan tertentu yang berhak memberikan gelar cendekiawan pada seseorang ? Dan apa parameter seseorang bisa disebut sebagai cendekiawan ? Pertanyaan-pertanyaan ini yang masih sulit aku temukan jawabannya, semoga diantara pembaca dapat membantu :).

Comments

  1. Wah, aku sih tak terlalu peduli mau jadi cendekiawan atau tidak. Yang penting terus belajar dan mengabdi buat agama, bangsa dan negara.

    Jadi cendekiawan atau tidak mah urusan nomer 300, yang penting kontribusi dan terus belajar dan terbuka.

    ReplyDelete
  2. wah, bingung aku. cendekiawan atau bukan, yg penting karya nyatanya aja deh.

    ReplyDelete
  3. saya mau jadi cendikiawan wanita hehehe..

    keren kak, page rankmu 3! wow..
    hahaha..

    tolong doakan saya menang lomba blog
    http://panggilsayabella.wordpress.com/2010/12/01/internet-sehat-bikin-hebat/

    ReplyDelete
  4. Yang terpenting adalah seorang cendikiawan harus menghasilkan sesutau yang bermanfaat bagi kemashalatan umat.

    ReplyDelete
  5. orang yang mampu memberi inspirasi, ilmu pengetahuan dan wawasannya kepada pihak lain

    ReplyDelete
  6. Pertanyaan2 terakhir bener2 menggelitikku. Iya ya... siapa yg berhak memberi gelar itu dan apa ya parameternya...?
    *ikutan bingung*

    ReplyDelete
  7. menurut vrendy....jika di tanya golongan yg sprti apa yg blh dan bisa membri gelar itu..
    SEHARUSNYA TIDAK DI GOLONG2 KAN SEBAB SEORANG CENDIKIAWAN ITU DI NYATAKAN GELAR ITU...DI KARENA SEMUA ORANG YG MERASAKAN DAMPAK POSITIF DARI PEMIKIRAN DAN IDE CENDIKIAWAN ITU YANG MERUBAH KEADAAN KE ARAH YG LEBIH BAIK..MANFAAT YG BERKESINAMBUNGAN. CENDIKIAWAN YG PATUT DI AKUI, DIA YANG SECARA PERBUATAN DAN TINDAKAN SESUAI DGN KECERDASANYA.
    maka yg bisa beri gelar itu ialah ORANG2 YG DULUNYA DLM SITUASI SULIT DAN JADI MEMBAIK DARI IDE YG CENDIKIAWAN ITU LAKUKAN KE ORANG2 TERSEBUT...MAKA MREKA YG TAU DAN RASAKAN LANGSG PROSES TRSBT PATUT BERI PREDIKAT TERSEBUT...DENGAN BEBERAPA PROSESNY.
    dan untuk PARAMETERNYA dapat dilihat seberapa menyeluruhnya dan efektifnya ide dan ilmu yg dia temukan. guna meniadakan sedikit demi sedikit masalah yg di hadapi baik dalam skala kecil maupun besar(NEGARA).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts