Pengembangan Potensi Diri Untuk Indonesia Berprestasi

Setiap warga negara tentu menginginkan negara yang kita cintai mempunyai prestasi yang tinggi. Prestasi di segala bidang yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita. Tentu untuk memperoleh pencapaian itu butuh kerja keras dan kerjasama dari seluruh golongan masyarakat.

Sehubungan dengan itu mungkin kita ingat dengan pernyataan almarhum John F. Kennedy yang berbunyi, "Jangan pernah tanyakan kepada Negara apa yang telah Negara berikan kepadamu tetapi tanyakanlah pada dirimu apa yang telah engkau berikan kepada Negara".

Ungkapan terkenal itu memberikan tantangan kepada kita sebagai warga negara untuk bisa berprestasi demi nama baik bangsa dan negara. Artinya prestasi suatu negara tidak terlepas dari prestasi yang dihasilkan oleh warga negara itu sendiri.

Jadi apakah yang dapat kita berikan sebagai warga negara untuk menuju Indonesia berprestasi ? Semua orang punya potensi untuk berprestasi karena kita telah dibekali oleh Tuhan “modal” dasar dalam usaha meraih prestasi tersebut. Modal dasar itu adalah akal dan pikiran. Dengan adanya akal dan pikiran tersebutlah tidak menghalangi orang-orang yang cacat phisik untuk mampu berprestasi sesuai kemampuan dan keterbatasan yang ia miliki. Bahkan bisa melebihi orang-orang yang normal secara phisik.

Maka dari itu jika potensi yang dimiliki oleh setiap individu bisa dimanfaatkan secara maksimal maka menjadikan Indonesia berprestasi bukanlah sekedar mimpi :). Dan potensi itu akan lebih baik jika dikembangkan sesuai kemampuan yang dimiliki melalui pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun swasta.

Selain itu untuk meraih prestasi butuh “kesempatan”. Artinya tolak ukur dari prestasi seseorang bisa dilihat dari keberhasilannya dalam memanfaatkan suatu kesempatan secara maksimal sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Darimanakah kesempatan itu? Kesempatan itu bisa diciptakan sendiri atau dengan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Menciptakan kesempatan sendiri adalah mengembangkan potensi yang kita miliki secara mandiri dengan memanfaatkan segala fasilitas dan sarana yang ada melalui kreatifitas dan inovasi. Tapi untuk menciptakan kesempatan sendiri tidak semua orang mampu karena keterbatasan materi, kondisi phisik dan waktu.

Oleh karena itu peran pihak-pihak terkait yang mampu menciptakan dan memberikan kesempatan sangat dibutuhkan. Siapa sajakah pihak-pihak terkait tersebut? Selain pemerintah tentu saja dari pihak swasta seperti perusahaan-perusahaan besar yang ada di negeri kita ini.

Contohnya PT XL Axiata Tbk yang mengembangkan program Indonesia Berprestasi , dimana secara khusus merancang ‘Indonesia Berprestasi’ sebagai bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) yang besar dan menyeluruh. Program yang telah dimulai sejak 2006 ini, memiliki dua fokus: pendidikan masyarakat dan pendidikan di bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi (ICT). Program ini adalah bentuk tanggung jawab sosial XL sebagai apresiasi dan motivasi serta wadah pengembangan potensi diri agar tiap individu mendapat “kesempatan” untuk bisa berprestasi.

Dari semua itu dapat disimpulkan bahwa kunci untuk menjadi Negara yang berprestasi tinggi tergantung pada “kualitas” dan “kemauan” individu tiap warga negaranya. Dimana setiap warga Negara menyadari dan mau meningkatkan potensi diri mereka secara maksimal dalam meraih prestasi. Dan semua itu tak lepas dari dukungan pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam memberikan “kesempatan” pada tiap warga Negara, dengan memberikan wadah, sarana dan fasilitas untuk mengembangkan potensi tersebut secara konsisten dan terpadu. Semoga bermanfaat :).

Comments

  1. mas artikel anda bagus-bagus,,folow saya ya supaya bisa mendapatkan artikel menarik dari anda,,saya sudah folow andaa

    ReplyDelete
  2. Setuju sekali dengan tulisan mas..semua berawal dari keinginan individu masyarakat

    ReplyDelete
  3. kunjungan perdana di warung coffee...!marilah kita mendukung program pemerintah,kesampingkan kepentingan pribadi.

    ReplyDelete
  4. salam sahabat
    kayaknya ini postingan buat kontes ya mas?saya mendukung pengembangan potensi diri.oh iya dah saya follow makasih

    ReplyDelete
  5. OOT: Wong Kito Galo ruponyo..hhhhh...salam ya dari Jogja......

    ReplyDelete
  6. met siang mas,aq dtg untk memfollow blog mu.lam knl

    ReplyDelete
  7. Dukungan harus banyak di berikan kepada para pemuda kita , agar nnti nya Indonesia dapat berbicara di dunia dengan prestasi !

    izin follow yaa sob ^_^

    ReplyDelete
  8. kunjungan balik mas, sekalian ijin follow semoga bisa jadi sahabatan ya..

    Artikel yang bagus untuk motivasi generasi muda dan mental bangsa. Moga sukses ya...

    ReplyDelete
  9. ya utk berprestasi memang gak lihat fisik kok.siapapun bisa

    ReplyDelete
  10. kunci untuk menjadi Negara yang berprestasi tinggi tergantung pada “kualitas” dan “kemauan” individu tiap warga negaranya ---> setuju banget, mas.

    ReplyDelete
  11. Ikutan kontes to, mas. Semoga menang ya..
    Artikelnya bagus lho.

    ReplyDelete
  12. @The others : ikutan juga lho mbak :)
    @CK : tq mbak :)
    @Fann : yah bener banget :)
    @Iffa : oke n tq ya :)
    @M.chandra : bener sekali ayo berprestasi :)
    @Sikampoeh : oke :)
    @BI : iyolah, apo kbar jogya? hehe
    @Dhana : betul mbak ayo ikutan :)
    @Situs : siip n tq :)
    @Sudino : tq :)
    @Tatox : oke :)

    ReplyDelete
  13. wah semoga terpilih nih tulisannya! jangan lupa kalo menang bagi-bagi HP nya ya?

    ReplyDelete
  14. Saya setuju dengan anda.
    Kemajuan negara kita sangat bergantung pada kualitas dan kemauan warganya untuk selalu mengembangkan diri secara terus menerus.

    ReplyDelete
  15. yang penting sebagai warga negara kita dapat berbuat bagi bangsa, misalnya saja internet digunakan untuk berbagi ilmu yang baik

    jangan gunakan internet untuk kejahatan, itu dapat merusak citra negara di mata internasional

    ReplyDelete
  16. @Rio : setuju ayo manfaat segala aktifitas tuk hal yg manfaat :)
    @Multi : makasih pak :)
    @Popi : amiin mbak moga beruntung, ayo ikutan juga :)
    @WK : pastinya :)

    ReplyDelete
  17. namun saat ini keinginan para penghuni negeri ini....adalah...mana ya aset negara yang bisa gua ambilll......

    ReplyDelete
  18. indonesia semakin maju... semoga ini juga terjadi pada timnas kita mas yah...??? lohh... :p

    ReplyDelete
  19. kunjungan sore, artikelnya bagus, sukses gan...

    ReplyDelete
  20. ikut kontes yahh??
    sukses deh^^
    moga menang
    pengen ikutan juga rasanya

    ReplyDelete
  21. @Chika : ayo ikutan mumpung sih ada waktu :)
    @Bagoezt : semoga beruntung :)
    @Mesjid : hahaha berdoa aja moga nanti malem ada keajaiban :)

    ReplyDelete
  22. salam persahabatan
    sekalian izin follow ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts