RAD PK (Pedoman Untuk Pemberantasan Korupsi)

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas meluncurkan Pedoman Umum Rencana Aksi Daerah Pemberantasan Korupsi (RAD PK). Dalam penyusunannya Bappenas berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi, Kementerian Dalam Negeri, Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, serta instansi terkait lainnya. Peluncuran RAD PK ini berkaitan dengan Perpres Nomor 5 tahun 2010 tentang RPJMN 2010-2014 yang menyebutkan bahwa salah satu hal yang menandakan terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, adalah terlaksananya RAD PK di provinsi / kabupaten / kota. (sumber: yahoo!.news)

Apakah fungsinya? RAD PK berfungsi sebagai dokumen yang menjadi pedoman dan acuan bagi para pemangku kepentingan dan pelaksana pembangunan baik pada tingkat kementerian/lembaga di pusat maupun di daerah. RAD PK juga sebagai dokumen penyearah implementasi komitmen pemda dalam upaya pemberantasan korupsi.

Bagaimana Aplikasinya? Aplikasinya berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik, penataan sistem keuangan daerah, perbaikan sistem administrasi pemerintahan daerah, serta penetapan program dan wilayah bebas korupsi.

Melihat berita diatas kita tentu punya harapan baru tentang "keseriusan" pemerintah dalam memberantas korupsi. RAD PK memang bisa menjadi acuan bagi pihak-pihak terkait dalam memulai langkah baru sebagai awal dalam memberantas habis tindak korupsi di daerah maupun di pusat.

Tapi bisa dikatakan RAD PK ini terobosan yang "terlambat", karena sumber permasalahan yang terjadi sudah sangat kronis. Memang secara sistematis "terlihat" ada perubahan, tapi apakah dengan pedoman itu akan ada penurunan tindak korupsi secara signifikan? Entahlah, yang pasti ada pedoman atau tidak, korupsi akan terus terjadi selama ada kesempatan :). Semoga bermanfaat.

Comments

  1. pemberantasan korupsi dimulai dari dalam diri, begitu tulisan sepanduk yang saya baca tadi pagi.

    ReplyDelete
  2. kasihan sekali negeri yang kaya ini menjadi miskin karena korupsi...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts