Surga di telapak kaki Ibu

Hari ini adalah hari Ibu, dimana setiap anak biasanya memberikan beragam bentuk kado spesial buat ibu, entah itu "menggantikan" tugas harian ibu satu hari penuh, atau sekedar memberi pelukan sayang dan sebagainya.

Bagaimana awal mula peringatan hari Ibu di Indonesia ? Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta, di gedung yang kemudian dikenal sebagai Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto. Dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Peristiwa itu dianggap sebagai salah satu tonggak penting sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan. Tanpa diwarnai gembar-gembor kesetaraan gender, para pejuang perempuan itu melakukan pemikiran kritis dan aneka upaya yang amat penting bagi kemajuan bangsa.

Kemudian penetapan tanggal 22 Desember sebagai perayaan Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Peringatan 25 tahun Hari Ibu pada tahun 1953 dirayakan meriah di tak kurang dari 85 kota Indonesia, mulai dari Meulaboh sampai Ternate. Lalu diperkuat lagi oleh Presiden Soekarno dengan menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga kini. (sumber : Wikipedia)

Sejak itulah setiap tanggal 22 desember diperingati sebagai hari Ibu diseluruh Indonesia. Momen hari ibu ini bagi kita adalah untuk mengingatkan pada peran Ibu yang sangat besar bagi kehidupan kita, tanpa Ibu kita bukanlah apa-apa. Betapa besar pengorbanan beliau sungguh tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Makna surga ada ditelapak kaki ibu bukan sekedar ungkapan tapi adalah kenyataan yang tak bisa dipungkiri oleh siapapun.

So bagi kita yang masih diberi kesempatan untuk membahagiakan ibu, jangan menyia-nyiakan kesempatan itu, sayangi Ibu seperti mereka menyayangi kita sejak bayi hingga kini. Jangan berkata kasar apalagi sampai menyakiti hati...Kita tak akan mampu membalas budi orang tua sebagaimana apa yang telah mereka berikan kepada kita...Semoga hari Ibu ini senantiasa mengingatkan kita untuk selalu menghormati dan berusaha memberikan yang terbaik , tidak hanya pada hari ini tapi pada setiap detik kehidupan beliau hingga akhir nanti.

Comments

  1. Hari ini adalah hari istimewa bagi seluruh ibu di nusantara...
    Semoga pada hari ini (khususnya) semua ibu mendapatkan kebahagiaan. Amin...

    ReplyDelete
  2. Yups... hari ini aku ingin membuat kejutan yang menyenangkan bagi ibuku dan ibu mertuaku... ^_^

    ReplyDelete
  3. SELAMAT HARI IBU YA. SEMOGA KITA SEMUA MENJADI ANAK YANG BERBAKTI DAN SELALU MEMBAHAGIAKAN MEREKA

    ReplyDelete
  4. selamat hari ibu. bawain kue onde buatan ibu saya. hehee

    ReplyDelete
  5. insyaAllah
    semoga bisa membahagiakan Ibu
    selama dia masih ada

    ReplyDelete
  6. Owh dlu tuh terbentuknya hari Ibu setekha kongres perempuan itu ya Sob.. jujur aku baru tau klo sejarahnya hhe,...

    Selamat HAri Ibu untuk seluruh Ibu di dunia...

    ReplyDelete
  7. semoga dosa beliau diampuni

    i lov eu emak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts