Apakah batasan dari kerja keras itu? (Dalam meraih rejeki)

Kata orang-orang dulu, rejeki itu harus dicari dan didapatkan dengan kerja keras tanpa kenal menyerah. Meski ada juga yang tanpa harus kerja keras tapi "rejekinya" lancar jaya :). Bila apa yang kita inginkan belum tercapai mungkin jawaban yang menjadi penghibur hati adalah "yah mungkin belum rejekinya" atau "yah mungkin rejekinya bukan di bidang itu"...

Bicara soal "belum rejeki" memang tidak terlepas dari "kehendak Tuhan" terhadap kita sebagai hamba-NYA. Jadi sekeras apapun usaha yang kita lakukan bila memang belum rejeki tentu tidak akan kita dapatkan. Kemudian apa batas atau ukuran dari kerja keras itu? apakah harus sesuai dengan kemampuan maksimal yang kita miliki ? terus bagaimana jika sudah bekerja keras namun rejekinya tetap segitu-gitu aja ?

Mungkin inilah yang kadang membuat seorang manusia menjadi putus asa, apalagi jika kegagalan datang berkali-kali. Padahal segala usaha dia telah lakukan untuk mendapatkan "rejeki" yang dia inginkan. Namun yang tidak kita sadari adalah "sejauhmana" kita mengenal batas kemampuan yang kita miliki. Karena setiap manusia punya kemampuan yang berbeda atau yang disebut dengan kekurangan yang dimiliki oleh kita.

So rata-rata orang yang sukses adalah orang-orang yang konsisten terus berusaha dan belajar dari kegagalan yang pernah dia alami. Batas maksimal usaha itu adalah bagaimana kita bisa meminalimisir kekurangan yang kita miliki. Misal, saat kita mengalami kegagalan biasanya baru menyadari kekurangan atau kesalahan yang telah kita lakukan, dan kita otomatis bertekad untuk memperbaikinya. Namun seiring waktu, kita sering "lupa" dengan komitmen itu sehingga terlarut sampai tidak ada perubahan sama sekali. Dan akhirnya bisa ditebak kegagalan akan datang lagi dan sekali lagi berakhir dengan penyesalan.

Setiap kegagalan itu bisa diperbaiki asal  ada kemauan dan kesempatan untuk itu. So jika dihubungkan ke masalah "rejeki" tadi artinya "pintu rejeki" itu selalu terbuka selama kita mau memperbaiki diri selagi masih ada kesempatan untuk meraihnya. Intinya "batasan" maksimal kerja keras itu adalah waktu dan kesempatan.

Jika "kesempatan" kita tuk meraih rejeki yang kita inginkan sudah habis karena "waktu" (usia) artinya jelas itu bukan rejeki kita :)..So harus segera mencari pintu rejeki yang sekiranya "mungkin" untuk kita :). Itulah mungkin yang dimaksud pepatah "ada banyak jalan ke Roma", artinya ada banyak cara bagi kita untuk meraih rejeki. Rejeki itu juga bukan hanya berwujud materi tapi juga umur dan kesehatan. Semoga manfaat :).

Comments

  1. dikejar sekeras apapun kl emang blm rejekinya pasti juga gak akn ddapatkannya...
    Nice Pos mas....

    ReplyDelete
  2. ikhlas dan sabar adalah kuncinyaaa....
    lam kenal yaa...

    ReplyDelete
  3. Aku sering menyadari kesalahanku dan mencoba memperbaikinya. Tetapi beberapa hari yang akan datang aku jadi lupa dengan komitmen itu dan akhirnya kembali berantakan atau kembali kepada pola yang lama

    ReplyDelete
  4. Justeru 'sehat dan umur' adalah rejeki yg amat berharga dan takada duanya...
    Beruntunglah bagu mereka yang masih muda dan mengunakan secara maksimal batas-batas kemampuan yang dimilikinya...

    oia,Ku dari bangka juga,Bang.Sekarang sedang diyogyakrta.Kalo Abang???

    ReplyDelete
  5. Betul Wi, dari umur dan kesehatan yang dimilikilah seseorang bisa mencari rezeki.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts