Dasar Ketentuan Tarif Tol di sini (Indonesia)

Perjalanan dari Jakarta menuju Purwokerto atau Jakarta menuju Brebes kita akan disuguhi sebuah jalan Tol yang terlihat megah saat memasuki pintu gerbang tol tersebut, namun bagi yang baru pertama kali lewat mungkin akan kaget dan tak menyangka terutama dari segi tarifnya, betapa tidak tarif tol tersebut sebesar Rp. 21.500 untuk kendaraan pribadi sekelas sedan dan minibus, wauuu sedangkan tol cikampek yang sepanjang itu hanya kurang lebih Rp.20.000 hmmm.

Yah itulah Tol Mertapada, yang katanya dimiliki oleh om Bakri, harga segitu seharusnya didukung dengan kondisi jalan yang mulus dan nyaman untuk dilewati, namun apa nyana ternyata yang dirasakan dan dibayangkan sangat tidak sesuai dengan harga yang dibebankan pada kita, disana sini ada banyak perbaikan yang sangat menganggu perjalanan dan jalan yang tidak mulus dan gelap karena tidak ada sarana penerangan yang memadai sepanjang jalan tersebut...


Dan harga segitu bagi para pemakai jalan yang jarang melalui jalur itu mungkin hanya menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan hehe, tapi tentu sangat berat bagi para pengguna yang rutin atau setiap hari lewat situ ..yah.mungkin begitulah resiko jika sarana umum sudah diambil alih oleh pihak swasta????.

Pertanyaannya apa dasar dari penentuan tarif tol? berdasarkan panjangnya tol? atau apa? nah dari  sumber  berikut dijelaskan dasar penentuan tarif tol di Indonesia sebagai berikut :

Pemberlakuan tarif tol awal dan penyesuaian tarif tol ditetapkan oleh Menteri (UU No. 38/2004 pasal 48 ayat (4)) berdasarkan 3 pendekatan, yaitu:

  1. Besar Keuntungan Biaya Operasi Kendaraan (BKBOK) adalah selisih biaya operasi kendaraan dan nilai waktu pada jalan tol dan lintas alternatifnya (maksimum 70 %).
  2. Kemampuan/Kemauan Bayar Pengguna Jalan (Ability/Willingness to Pay) adalah kemampuan atau kemauan calon pengguna jalan tol di wilayah jalan tol yg bersangkutan untuk menggunakan dan membayar tol.
  3. Kelayakan Investasi dihitung berdasarkan pada taksiran transparan dan akurat dari semua biaya selama jangka waktu perjanjian pengusahaan, yang memungkinkan Badan usaha memperoleh keuntungan yang memadai atas investasinya.

Selain itu pertimbangan lain adalah Biaya Operasi Kendaraan apabila melewati jalan tol akan lebih rendah dibandingkan melewati jalan non tol, karena panjang jalan tol mungkin dapat lebih pendek dibandingkan dengan jalan non tol dan kecepatan ratarata di jalan tol lebih cepat dibandingkan di jalan non tol atau waktu tempuh di jalan tol lebih sebentar dibandingkan dengan di jalan non tol.

Dari keterangan sumber diatas sedikit pertanyaan pada point kedua yaitu kemampuan/kemauan bayar pengguna Tol, mengacu pada tarif Tol Mertapada diatas apakah sudah ada data yang baku jika pengguna kendaraan bermotor yang lewat jalur tersebut "mampu" dan "mau" menerima secara ikhlas untuk membayar tarif sebesar itu? padahal aku yakin para pengguna tol tersebut "terpaksa" mampu dan mau karena tidak ada alternatif tol lain hehehe

Tapi begitulah Indonesia, semua ketentuan yang dibuat kadang tidak jelas dan malah menguntungkan pihak-pihak tertentu...semoga kedepan lebih baik..amin.

Comments

  1. sabar aja... klo tu punya om bakri ingat jangan contreng dia di pemilu 2014 hehehe....

    ReplyDelete
  2. Di sini memang banyak yg ga masuk akal, tapi dipaksa-paksain supaya tetep berlaku

    ReplyDelete
  3. wah,aku baru tahu nih bang..info yang bagus

    ReplyDelete
  4. haha, memang beginilah negeri ini... yan punya sumber daya terus terus merampas yang lain... kalau bisa sampe puas... siplah kang. Jadi pengingat bersama kelak kalau yang baca ini (siapapun) jadi orang di sono, di gedong - gedong itu, ya mbok jangan begitu...

    ReplyDelete
  5. mimpi saya masuk tol ga harus bayar

    ReplyDelete
  6. iya, itu memang jalan tol termahal kata suamiku! buat orang yg belum tau pasti pilih jalan itu! jarak ga seberapa tapi tarifnya 'beberapa' !! Makanya suami pilih ga lewat tol itu kalo mau ke semarang!

    ReplyDelete
  7. ooo bakrie yaaa.... nyebelin banget orang itu. sekarang dia punya TOL????

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts