Lautan sampah di kepulauan seribu

Akhir april lalu aku dan teman-teman liburan ke pulau untung jawa kepulauan seribu, inginnya menikmati suasana pulau, pantai dan laut yang masih asri :). Namun apa dinyana saat pertama menyeberang dari tanjung pasir tanggerang, lautan sekeliling kita dipenuhi kumpulan sampah yang katanya "sampah" dari Jakarta, suatu pemandangan yang sangat tidak mengenakkan.

Saat memasuki dermaga pulau untung jawa pun, "saat itu" laut disekitar dermaga dan pantai juga dipenuhi sampah, penduduk setempat mengatakan itu adalah sampah "kiriman" dari Jakarta. Jujur aku sangat heran dengan kondisi tersebut, laut disekitar kepulauan seribu yang notabene adalah daerah wisata yang setiap minggu dikunjungi banyak orang seakan tidak "diperdulikan" kebersihannya oleh pemerintah  tapi kalau melihat kondisi "persampahan" di Jakarta sendiri yang masih tidak karuan, bisa dimaklumi jika laut  yang dipenuhi sampah tidak sempat teratasi hehehe.

Yang jelas kondisi tersebut sangat disayangkan, pulau-pulau yang seharusnya indah menjadi tidak lagi indah karena lautan disekitarnya menjadi lautan sampah...dari pengalamanku kondisi ini dikarenakan kurangnya keseriusan pemerintah pusat dan daerah terutama dalam menangani masalah kebersihan ini. Dinas-dinas yang seharusnya punya wewenang dan tanggung jawab dalam hal kebersihan lebih banyak fokus pada "pembuatan" regulasi saja :).

Yah semoga kedepan lebih baik, dan ada pihak-pihak yang merasa tersentuh dengan kondisi tersebut..semoga.

Comments

  1. memang sayang banget ya..banyak lokasi wisata di tanah air yang kurang diperhatikan kebersihannya..

    ReplyDelete
  2. Posting juga fotonya donk.. penasaran nih sama pulau seribu .. ^^

    ReplyDelete
  3. hadeuh..masa sepaah itu? katanya Kepulauan Seribu bagus dan pantainya masih jernih? kalo gini , jadi sangsi nih....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts