Beban APBN vs Beban Kerja PNS

Kementerian Keuangan menjelaskan kenaikan gaji PNS akan membuat beban fiskal meningkat. Pasalnya, adanya kenaikan gaji pokok maka secara otomatis pensiun yang harus dibayarkan juga meningkat. Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati menjelaskan dengan meningkatnya jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan naiknya gaji pokok maka akan menambah beban bagi APBN, dengan demikian bantalan fiskal yang disiapkan pemerintah tidak akan mampu menahan beban APBN tersebut. (sumber)

Berita diatas terkait tentang rencana kenaikan gaji PNS yang "dikhawatirkan" akan menambah beban APBN, so yang jadi pertanyaan kenapa baru sekarang terpikirkan ? hehe apakah selama ini gaji PNS tidak berasal dari APBN ? Atau karena sekarang jumlah PNS (plus honorer) sudah terlalu banyak ? nah kalau ini yang jadi sumber masalahnya untuk apa setiap tahun selalu dibuka penerimaan CPNS ? Dari semua itu diakui atau tidak artinya sistem penggajiaan untuk PNS selama ini tidak profesional atau tidak sesuai dengan aturan yang berlaku hehehe.

Bicara soal sistem penggajian karyawan memang bukan hal yang sederhana tapi jika kita asumsikan pemerintah sebagai suatu perusahaan dan PNS sebagai karyawannya maka "seharusnya" sudah mempunyai sistem yang baik, apalagi sumber pemasukannya jelas dan pasti :). Yang menjadi masalah apakah sumber pemasukan (APBN/APBD) tersebut sudah dikelola dengan benar ? 

Seperti kita ketahui pendapatan asli negara dan daerah di negeri ini sangatlah besar terutama dari pajak, akan tetapi karena sudah terlalu banyaknya korupsi akhirnya selalu terjadi "kekurangan" hehe. Melihat berita diatas pemerintah sebaiknya jangan ribut soal "beban" dulu tapi segeralah intropeksi dan ambil tindakan tegas bahwa kesalahan ada pada sistem mereka sendiri :).

Selain itu kenaikan gaji seharusnya diiringi dengan penambahan beban kerja pada PNS itu sendiri, tidak dipungkiri jika masih ada banyak pertanyaan "apa sih tugas dan tanggung jawab seorang PNS ?" karena kenyataannya masih banyak PNS yang "berkeliaran" di saat jam kerja. Dari pengamatan penulis sendiri tugas PNS saat ini lebih banyak sebagai "regulator" atau pembuat peraturan, sedangkan pelaksanaan, dan pengawasan lebih banyak dibebankan pada pihak swasta :).

Dari kenyataan itu saja apakah pantas mereka naik gaji ? sedangkan beban kerja mereka tidak bertambah :). Apalagi untuk tugas-tugas administrasi ada banyak "honorer" yang siap sedia membantu mereka. Tidak salah jika tiap tahun ada ratusan ribu orang yang berebut status PNS karena "kenyamanan" dan "Keterjaminan" yang akan didapat, belum lagi pengaruh status sosial dimata sebagian masyarakat.

Begitulah negeri ini, belum tuntas suatu masalah sudah meributkan masalah lain yang notabene malah menunjukkan betapa bobroknya sistem yang ada. Btw tulisan ini bukan untuk menjelekkan status PNS tapi lebih ungkapan rasa prihatin pada kenyataan yang ada. Semoga kedepan lebih baik :).

Comments

  1. setuju....ini adalah dilema yg entahkapan akan berakhir.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts