Sarjana yang berkualitas

Bicara soal pengangguran saat ini tak terlepas dari status si pengangguran itu sendiri :). Karena masih ada pandangan "heran" atau "tidak mungkin" disebagian masyarakat jika seorang yang berstatus "sarjana" menjadi pengangguran. Apalagi jika ada pembandingan antara seorang yang hanya lulusan SMA atau SMK bisa mempunyai pekerjaan tetap alias tidak menganggur sedangkan seorang sarjana malah tidak atau belum mendapat pekerjaan.

Sehingga ada penilaian jika sarjana tersebut adalah orang yang "malas" dan terlalu memilih jenis pekerjaan. Sedangkan banyak alternatif untuk mencari pekerjaan, baik itu didalam dan luar negeri.  Benarkah seperti itu ? Tentu tidak semudah itu menilai seseorang apalagi jika melihat kondisi real saat ini :). Karena kebutuhan lapangan kerja yang lebih banyak terkonsentrasi pada satu bidang akibatnya satu posisi bisa diperebutkan oleh ratusan hingga ribuan orang. Sehingga sangat sulit untuk mempertahankan "idealisme" seorang sarjana :).


Kemudian apakah sarjana harus "pilih-pilih" pekerjaan ? tentu harus begitu, karena pada dasarnya seorang sarjana "seharusnya" mempunyai kualitas untuk memilih dan dipilih hehehe.). Selain itu, banyak perusahaan yang lebih membutuhkan "pekerja" daripada "pemikir", karena harus diakui sarjana diciptakan bukan sebagai  pekerja tapi lebih sebagai perencana, pengawasan, pengorganisasian dan pelaksanaan :).

Melihat kondisi tersebut, "memang" sebaiknya seorang lulusan sarjana yang ngotot ingin bekerja dibidang yang dia inginkan namun kalah bersaing akan lebih baik jika mencoba untuk berwiraswasta sambil tetap mencoba peruntungan mendapatkan pekerjaan dan bekerja di perusahaan yang diinginkan.

So pandangan "miring" tentang sarjana yang menganggur sebaiknya dijadikan pemicu oleh mereka untuk bisa membuktikan pada masyarakat bahwa gelar atau status tersebut bukan hal yang sia-sia. Hidup ini memang tidak lepas dari segala kekurangan, tapi jika kita bisa memaksimalkan potensi dan kesempatan yang ada pasti akan selalu ada jalan untuk sukses meskipun bukan melalui jalan atau pekerjaan yang kita impi-impikan :).

Bagi yang masih kuliah raihlah nilai indeks prestasi setinggi-tingginya, karena itu sudah menjadi syarat utama minimal untuk bisa lolos tes administrasi di perusahaan-perusahaan besar. Dan jadilah sarjana yang berkualitas paling tidak dari sisi moral, mental dan kepribadian karena "karakter" seseorang itu adalah nilai plus untuk bisa menjadi pekerja ataupun wiraswastawan yang handal :). Semoga manfaat.

Comments

Popular Posts