Peca Bulu

Bagi orang asli palembang pasti tahu istilah "Peca Bulu". istilah tersebut diperuntukan untuk menyindir anak-anak dan remaja yang dianggap sudah tahu dan mengerti hal-hal tabu (seks) sebelum waktunya. Jadi jika seorang anak atau remaja kedapatan mengetahui bahkan melakukan hal-hal yang berbau seks (melihat gambar porno, masturbasi, menonton bf atau melakukan seks sebelum waktunya) dianggap sudah "peca bulu".

Secara harfiah jika di Indonesiakan Peca Bulu = bulu/rambut pecah, memang artinya tidak ada hubungannya sama sekali dengan prilaku negatif. Tapi itu adalah ungkapan atau idiom yang mengandung makna seperti bait diatas :). Jadi orang-orang tua dulu sering mengingatkan kita saat masih anak-anak untuk tidak boleh tahu  tentang hal-hal yang berbau seks, "gek peca bulu kau = nanti kamu peca bulu".

Sehubungan dengan itu apakah memang tidak boleh anak-anak dibawah umur untuk tahu hal-hal tentang seks?  menurutku boleh-boleh saja terutama tentang efek negatif dari seks bebas, prilaku seks menyimpang, jenis pelecehan seksual dan sebagainya. Yang penting pengetahuan itu mereka dapatkan dari orang tua atau para ahli yang terkait dengan seks bukan dari mencari tahu sendiri atau belajar "dokter-dokteran" dengan orang lain yang tidak bertanggung jawab hehehe. 

Kembali lagi ke "peca bulu", ungkapan ini memang berkesan tidak membolehkan anak-anak tahu mengenai seks namun maksud dan tujuan yang ingin disampaikan sangat bagus bila ditelaah lebih jauh :). Karena itu adalah peringatan pada kita untuk tahu batasan sesuai usia baik itu dari segi moral, etika dan agama. Artinya pembelajaran pengetahuan seks harus disesuaikan dengan usia, tempat dan kondisi. Minimal agar anak-anak terhindar dari perbuatan seks yang tidak sepantasnya (seperti pelecehan seks oleh phedofilia, etc). Semoga bermanfaat :).

Comments

  1. baru tau saya mas mengenai budaya masyarakat Bugis ketika sebuah keluarga akan membangun rumah atau pindah ke rumah baru seperti ini.. peca bulu..

    ReplyDelete
  2. oh itu toh artinya....ya deh tau sekrang...kalo pecah telor apa ya? itu artinya mau bikin telor dadar. hehee

    ReplyDelete
  3. apakah peca bulu ,tidak membesarkan badan lagi?
    (Tolong Dibalas ya)

    ReplyDelete
  4. @muh : peca bulu itu cuma istilah atau sindiran orang dulu agar anak2 tidak terlalu byk tau ttg hal2 yg tabu, tidak ada hubungannya sama pertumbuhan tubuh :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts