Pengangguran = Miskin (Tapi Miskin bukan Pengangguran)

Pengangguran adalah masalah utama yang terjadi di setiap negara, tidak peduli itu negara maju sekalipun. Menghitung besarnya jumlah pengangguran di suatu negara memang bisa dilihat dari data statistik yang ada meskipun tingkat kebenaran data tersebut tidak bisa dikatakan 100 % nyata :). Namun penyebab terjadinya pengangguran tidak akan sama karena tergantung kondisi yang terjadi di setiap negara-negara tersebut.

Apakah arti pengangguran itu ? dari berbagai sumber mengatakan jika pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan (tetap maupun tidak tetap). Yang jadi pertanyaan apakah ada orang (usia kerja/produktif/sehat) yang tidak mempunyai pekerjaan ? jawabannya pasti tidak ada, karena apapun kegiatan yang dilakukan mereka bisa berarti "bekerja" meskipun tidak/belum menghasilkan uang sehingga pengertian pengangguran mungkin harus direvisi hehe

Dari itu mungkin pengertian pengangguran lebih baik didefinisikan sebagai orang-orang yang tidak/belum mempunyai penghasilan (uang) bukan orang yang tidak mempunyai pekerjaan :). Tapi jika pengangguran didefinisikan seperti itu artinya gak beda dengan pengertian orang miskin ? ya memang benar itu kenyataannya hehe. Yang membedakan adalah para pengangguran biasanya masih bisa makan, minum dan tidur gratis dirumah keluarganya sedangkan orang miskin tidak :).

Pengangguran itu pilihan sedangkan miskin itu keadaan :), berbeda tipis memang nasib pengangguran dan orang miskin. Tapi orang miskin bukan pengangguran karena mereka "harus" punya penghasilan untuk bertahan hidup meskipun seadanya. So mungkin untuk memberantas pengangguran bisa jadi mereka harus dikondisikan menjadi miskin dulu sehingga mau gak mau harus punya penghasilan sendiri untuk memenuhi segala kebutuhan mereka.

Artinya bagi keluarga yang punya anak atau saudara yang lagi menganggur mungkin lebih baik menyuruh mereka untuk membayar biaya makan, tidur, listrik dan sebagainya. Atau minimal memenuhi kebutuhan pokoknya dengan uang sendiri sehingga memotivasi mereka untuk melakukan segala cara (yang halal tentunya) agar dapat mempunyai penghasilan sendiri hehehe.

Kejam memang dan sangat tidak sesuai dengan tradisi di negeri kita ini, dan tak ada juga keluarga yang tega seperti itu. So intinya semua kembali pada individu masing-masing karena "nasib" tak akan berubah jika kita sendiri tidak mau berusaha keras merubahnya. Bicara memang mudah namun itulah yang seharusnya kita lakukan karena hidup ini adalah proses yang penuh tantangan. Dan hanya orang-orang yang mudah menyerah dengan keadaanlah yang tidak akan pernah berubah meskipun perubahan akan selalu menyertai hidup ini.

Comments

Popular Posts