Hari kemerdekaan : Mati lampu

Kemarin negeri kita baru saja memperingati kemerdekaan yang ke 66. Seperti biasa hari itu selalu ada upacara bendera terutama di instansi pemerintahan. Dan setiap 17 agutusan biasanya selalu dipenuhi beragam acara yang diadakan oleh masyarakat sekitar, seperti panjat pinang, balap karung, makan krupuk dan sebagainya. Ada juga tradisi pembuatan gapura di depan gang masuk kampung, dimana dibuatlah gapura dengan beragam hiasan yang menunjukkan rasa nasionalisme dan syukur atas kemerdekaan yang telah kita raih.

Sayangnya makna kemerdekaan dari dulu hanya sebatas itu-itu saja, sekarang malah cenderung berubah menjadi "kebebasan tak beraturan" untuk segala sisi kehidupan. Terutama "merdeka" untuk korupsi, suap, manipulasi tanpa memperdulikan kepentingan orang lain. 

Merdeka itu bisa berarti damai, yang sayangnya malah disalahgunakan oleh negara-negara adikuasa untuk dijadikan alasan menghancurkan negara-negara yang tidak bersekutu dengannya. 

Merdeka itu hak asasi, yang sekali lagi malah jadi kedok alasan pembenaran untuk menyalahkan negara lain yang dianggap telah menindas hak asasi manusia tanpa bercermin pada diri mereka atas apa yang telah mereka perbuat selama ini.

Merdeka itu aman dan membahagiakan, namun kenyataannya "belum" seperti itu. Contoh kecil saja, kemarin di hari kemerdekaan lingkungan di tempat tinggalku "mati lampu" hanya gara-gara hujan turun :). Hal yang sepele mungkin bagi orang lain tapi sangat "mengecewakan".

Merdeka itu hanya dirasakan oleh golongan tertentu seperti dinegeri ini, para tahanan kaya bisa merdeka alias bebas keluar, bahkan keluar negeri. Para tersangka korupsi bisa dengan "merdeka" lari ke negeri lain dengan menggunakan pesawat sewaan, meski sudah tertangkap satu yaitu Nazarudin hehe. Walaupun itu penangkapan yang bersifat kebetulan bukan karena "benar-benar" dari hasil pengintaian.

Yah mungkin hidup tak akan terasa berwarna tanpa disertai hal-hal "memuakkan" seperti itu. Semoga kedepan lebih baik ya..amin.

Comments

  1. termasuk merdeka melanggar aturan lalu lintas. itu yg paling parah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts