Ulama & Iklan Komersial

Fungsi ulama adalah sebagai suri tauladan dalam mengajak, mengingatkan, serta membimbing umat untuk selalu berada dijalan kebaikan. Maka dari itu Ulama aktif melakukan dakwah melalui berbagai media yang ada seperti televisi, radio, dan sebagainya. Para ulama ini dikenal sebagai ustadz dan ustadzah.

Namun sayangnya, ada beberapa ustad dan ustadzah yang entah "dimanfaatkan" atau "memanfaatkan" berperan sebagai bintang iklan dari produk minuman kesehatan dan obat. Terlepas dari status mereka sebagai "orang terkenal", timbul pertanyaan dari diri saya pribadi, tidak sadarkah mereka jika sudah menjadi bagian kepentingan pihak tertentu ?


Tentu mereka sudah tahu dan punya alasan tersendiri :). Tapi rasanya tidak "pantas" jika mereka menjadi bintang iklan suatu produk konsumsi karena fungsi dan peran mereka bukanlah untuk hal-hal yang komersial seperti itu. 

Meskipun uang yang mereka dapatkan nanti "mungkin" untuk kepentingan umat tapi rasanya masih banyak cara lain yang bisa mereka lakukan jika memang punya niat baik seperti itu. Selain itu masih banyak PR yang mereka punya terhadap perbaikan kualitas umat itu sendiri. Wallahu'alam bissawab.


Comments

Popular Posts