Kemacetan & Kekumuhan

Kemacetan dan daerah kumuh adalah beberapa masalah pelik yang terjadi di kota-kota besar, ada banyak solusi yang diterapkan dan banyak juga yang masih sebatas "usulan" namun tetap saja belum bisa diatasi atau jadi kenyataan :). Sudah beberapa kali pergantian gubernurpun tidak ada "hasil" yang memuaskan, bahkan berkesan hanya menjadi sekedar janji disaat kampanye.

Berdasarkan pendapat seorang teman dari Jepang, beliau mengatakan jika sebenarnya masalah utama dari kedua hal tersebut adalah jumlah populasi yang tidak sebanding dengan sarana dan prasarana yang tersedia. Jadi sehebat apapun metoda atau solusi yang diterapkan, selama populasi tidak terkendali maka selamanya akan sia-sia atau hanya menghabiskan waktu dan uang saja.

Maka mungkin pemerintah seharusnya fokus pada pengendalian populasi penduduk di suatu kota besar. Ini memang tidak mudah dan butuh tindakan yang mungkin bisa dianggap tidak manusiawi :). Tapi ini harus dilakukan agar semua rencana yang ada tidak malah menjadi bumerang dan semakin memperumit permasalahan.


Tapi, bagaimana mengendalikan populasi yang terlanjur padat seperti kota Jakarta ? Apakah harus mengusir para pendatang yang tidak berKTP Jakarta atau menggusur habis bangunan yang berdiri ditanah ilegal ? Apa harus menata ulang perencanaan tata letak kota ? atau yang seperti sekarang dilakukan dengan menambah armada bus ac dan membatalkan rencana monorel yang sebagian besar tiang pancangnya telah dibangun ?. Intinya pemerintah setempat sudah bingung mau menerapkan apalagi untuk mengatasi semua masalah tersebut :).

Dan diakui atau tidak, masyarakat "akhirnya" sudah terbiasa dengan kondisi seperti macet, kekumuhan, ketidaktertiban sarana transportasi, kriminalitas, etc. Apalagi para aparat pemerintahnya hehe karena mereka juga bagian dari masyarakat itu sendiri. So, solusi yang paling tepat ya seperti diatas tadi yaitu mengendalikan populasi penduduk, jika tidak ya selamanya masalah-masalah tersebut akan terus terjadi.

Comments

  1. masalah ini memang menjadi tugas berat bagi pemerintah..dan seperti yang ditulis di atas..masyarakat meski sering mengomel mengenal masalah ini..namun lama kelamaan juga menjadi terbiasa dengan kemacetan

    ReplyDelete
  2. harus KB dong...kalo menekan populasi penduduk...lha masalahnya, banyak juga anak muda masih usia kinyis kinyis pada dikawinin sama ortunya, terutama di desa2. gimana mau kb ya?

    ReplyDelete
  3. Kalau memang benar2 mau ya mulai dari diri sendiri..., itulah kunci utama dan langkah pertama yang harus dilalui...

    ReplyDelete
  4. harus ada program transmigrasi + pemerataan pembangunan agar orang tidak "memaksa" mencari peruntungan di jakarta saja

    ReplyDelete
  5. ya tuh kan karena si komo lewat jadi macet deh. hi hihihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts