Runtuhnya Jembatan Kami

Baru saja ada berita jembatan runtuh di kutai kartanegara Kalimantan Timur, suatu hal yang sangat tragis apalagi sampai menimbulkan korban jiwa. Dari segi usia jembatan itu belum termasuk tua baru 10 tahun, tapi mungkin karena banyak yang dikorupsi waktu pembangunannya hingga kualitasnya jadi berkurang.

Melihat peristiwa diatas aku jadi teringat nasib jembatan-jembatan yang ada di Sumatera selatan ini yang hampir di sebagian besar jalan negara, provinsi hingga kabupaten banyak jembatan besar ataupun kecil. Akhir bulan september kami lewat di sebuah jembatan di daerah antara OI dan OKU, disitu ada jembatan tua yang entah dibuat kapan dengan kondisi lubang di tengah jembatan namun hanya ditutupi lempengan besi hingga kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati. Hebatnya banyak truk yang melintasi jembatan itu karena dekat dengan lokasi lelang karet.


Dan sebagaimana biasa pemerintah setempat tidak ada perhatian sama sekali dengan kondisi yang ada. Itu baru satu kasus, jika kita sering melintas antara jalur lintas timur dan tengah maka akan ditemukan banyak jembatan yang tidak terawat sama sekali. Contohnya Jembatan utama yang membelah OI dan OKI, kondisinya sangat tidak bagus, antara sambungan per jembatan sangat terpisah hingga jika kita lintasi maka seakan melewati lubang yang sangat dalam. Tidak hanya dirasakan oleh kendaraan kecil tapi juga truk-truk besar yang setiap detik melewati jembatan utama itu.

Entah karena apa atau mungkin pemerintah setempat tidak merasa memiliki jembatan itu, yah sekali lagi pasti menunggu jembatan itu ambruk dulu baru mereka akan peduli!!. Padahal jembatan itu adalah jalan utama dari seluruh sumatera yang ingin melewati lintas timur dan kondisi itu sudah suangat lama terjadi...luarbiasa!!!

Semoga dengan peristiwa di KuKar tersebut, membuka mata pemerintah yang selama ini buta terhadap hal-hal yang dianggap kecil oleh mereka. Semoga apa yang tadi di tipi sebutkan jika Menko Kesra memerintahkan untuk menyidak kondisi setiap jembatan yang ada dapat benar-benar terwujud!.

Comments

  1. Menurut saksi mata yang melihat malapetaka itu, ambruknya jembatan itu bisa jadi disebabkan sering tertabrak sejumlah kapal ponton ketika mengangkut hasil batu bara... terus sejak itu besi dan tiang jembatan mulai goyang.

    Belajar Photoshop

    ReplyDelete
  2. sama kalau gitu dgn ampera sini, sering jg tertabrak ponton tapi krn buatan jepang jadi lebih kuat :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts