Standar Gaji Seorang Guru

Hari ini adalah hari guru yang seperti biasa tidak diperingati secara khusus oleh pemerintah :). Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Guru itu seperti orang tua kita yang memegang peranan penting akan "perubahan" yang terjadi pada kita.

Tugas dan beban guru di zaman sekarang lebih berat, karena tingkah pola murid-murid sekarang sudah berbeda dengan yang dulu. Dulu, menjadi murid atau bisa sekolah adalah kebanggaan tersendiri dan menuntut ilmu adalah suatu kebutuhan, sekarang sekolah hanya sekedar untuk status sosial. 

Selain itu nasib guru jaman sekarang tidak seperti dulu, untuk meraih status pns saja sangat sulit karena harus antri dengan ribuan guru yang lain. Itu belum termasuk standar gaji yang rata-rata masih jauh dari beban kerja yang mereka emban. Contoh kecil saja, adikku yang mengajar di sebuah sekolah swasta, dengan jam kerja dan tugas yang sama dengan guru negeri tapi gaji perbulannya hanya 650 ribuan, bayangkan uang segitu tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sebulan apalagi dia sudah berkeluarga.


Dari contoh diatas, mungkin sebaiknya pemerintah memberi ketegasan dalam hal standar gaji minimum seorang guru (swasta atau negeri) terutama bagi guru yang masih berstatus kontrak atau honorer. Artinya besaran gaji guru minimal harus sesuai dengan UMR yang telah ditetapkan per daerah masing-masing. Harus ada badan khusus yang bertugas mengawasi tingkat gaji guru di setiap sekolah.

Harus diakui jika besaran gaji akan sangat mempengaruhi "keseriusan" seorang guru dalam menjalankan tugasnya. Masalah ini memang tidak hanya berlaku pada tugas seorang guru tapi juga rata-rata karyawan di bidang lain :). Yah, semoga peringatan hari guru ini bisa menjadi momentum terutama bagi pemerintah untuk bisa lebih memperhatikan kesejahteraan dan kualitas guru-guru saat ini..amin.

Comments

  1. ya gaji segitu mah seminggu juga abis kali. apalagi di jkta. kecuali masih bujangan ya.

    ReplyDelete
  2. amiiinnn, semoga saja, kesejahteraan guru menjadi lebih baik lagi,

    ReplyDelete
  3. pahlawan tanpa tanda jasa...
    mungkin satt inilah waktu yang tepat untuk membayar jasa jasa mu..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts